Ini Aksi Ganjar Tilang Mobil PNS di Taman KB

Gubernur Ganjar Pranowo menyelipkan “surat tilang” di mobil PNS yang diparkir di Taman KB, Jumat (27/11). Foto: metrosemarang.com/Anton Sudibyo
Gubernur Ganjar Pranowo menyelipkan “surat tilang” di mobil PNS yang diparkir di Taman KB, Jumat (27/11). Foto: metrosemarang.com/Anton Sudibyo

METROSEMARANG.COM – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengeluarkan aturan hari tanpa kendaraan bermotor tiap Jumat keempat untuk para PNS Pemprov. Namun aturan tersebut masih banyak dilanggar.

Pemandangan pada Jumat keempat tiap bulan selalu sama. Halaman parkir baik depan maupun belakang Kantor Gubernuran lowong dan sepi. Tapi Jalan Menteri Supeno dan sekitar Taman KB full mobil. Rupanya banyak para PNS yang berangkat dari rumah tetap menggunakan kendaraan pribadi kemudian parkir di sekitar Taman KB dan belakang Gubernuran.

“Dari parkir mobilnya lalu mereka jalan kaki. Ini istilahnya ngakali aturan,” kata Ganjar yang meninjau Taman KB dengan bersepeda, Jumat (27/11).

Pagi itu Ganjar berangkat ke Gubernuran dengan sepeda. Sesampai di Kantor Gubernur, ia melihat-lihat kondisi tempat parkir yang nampak sepi. Melihat masih ada beberapa mobil parkir, Ganjar mengambil smartphone-nya kemudian mengambil gambar.

“Nomor-nomornya dicatat mas, kasihkan saya,” kata Ganjar kepada Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Rumah Dinas Gubernur Hatta H Yunus yang mendampinginya.

Hal yang sama ia lakukan ketika menginspeksi Taman KB. Ganjar mmotret plat-plat nomor puluhan kendaraan yang berjajar di sana.

Di depan SMA Negeri 1 Semarang, Ganjar menemui seorang tukang parkir. “Iki mobile PNS, siswa SMA, nopo tiyang biasa?” tanyanya.

“Oh yang punya siswa mriki cuma empat puluh, pak Gub. Sisanya punya pedagang, tapi banyak malahan dari PNS,” jawab tukang parkir.

“Sing PNS ngendi wae,” lanjut Ganjar.

Tukang parkir tersebut lalu menunjukkan mobil-mobil mana saja yang milik PNS. Ganjar pun meminta kertas dan bolpoin kemudian menuliskan sebaris kalimat. “Yang punya mobil ini, Senin menghadap saya” dilengkapi tanda tangan dan nama “Ganjar Pranowo”.

Ibarat polisi, Ganjar menyelipkan “surat tilang” itu di kaca depan mobil. “Yang sudah dapat surat tilang difoto ya mas,” kata Ganjar kemudian.

ganjar-tilang-pns-di-taman-kb-semarang-2

Ganjar mengatakan, Jumat ini adalah kali kedua larangan kendaraan bermotor diberlakukan. Pada Jumat pertama ia masih memaklumi jika banyak PNS yang melanggar. “Tapi yang kedua ini saya panggil untuk pembinaan,” tegasnya.

Ganjar mengatakan, larangan berkendaraan bermotor tiap Jumat keempat agar PNS menjadi teladan masyarakat. Tujuannya, perilaku masyarakat dalam menggunakan kendaraan bermotor berkurang yang akhirnya bisa mengurangi emisi, meminimalisir macet dan kecelakaan lalu lintas. (byo)

You might also like

Comments are closed.