Geliat Pemulihan Bencana, Hoaks dan Hantu Pelemahan Rupiah

Rupiah Terhadap Dolas AS Masih Diatas Rp 15 Ribu

Semangat untuk segera bangkit dari pemulihan pasca-bencana itu harus diwarnai dengan kabar bohong. Sementara rupiah terus melemah.

GEMPA dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah memicu aksi simpati berbagai kalangan di berbagai tempat, termasuk di Jawa Tengah Di Brangsong, Kendal ratusan siswa menggelar doa bersama. Doa bersama ini juga diikuti guru dan karyawan sekolah dan dipimpin ulama setempat. Selain doa, penggalangan dana juga dilakukan.

bantuan gempa
Para penyandang disabilitas di Tegal menggalang dana untuk konban gempa di Palu, Sigi dan Donggala. (foto: dok metrojateng)

Di Sukoharjo, para pelajar SMP menginisiasi penggalangan dana, pakaian dan makanan. Hal itu juga dilakukan para pedagang di pasar tradisional. Tak ketinggalan, para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Difabel Slawi Mandiri Tegal, juga turut menggalang dana untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Sementara, Perum Bulog mengalokasikan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk korban gempa dan tsunami tersebut. Sekurangnya setiap Prum Bulog di setiap provinsi menyiapkan 200 ton beras, sedangkan di kabupaten/kota menyiapkan 100 ton beras. Bupati Jepara juga mengeluarkan seruan untuk membantu pemulihan Palu, Donggala dan Sigi. Salah satunya lewat rekening Palang Merah Indonesia.

Sejumlah relawan dari berbagai lembaga dan kalangan juga diberangkatkan ke Sulawesi Tengah. Organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT), mengirimkan relawan sekaligus bantuan logistik yang mereka kumpulkan. Setidaknya 119 relawan dari Jawa Tengah bertolak ke Palu bersama dengan alat berat dan bantuan logistik menggunakan kapal.

hoaks indonesia
Sekelompok orang mengecam berita bohong yang diciptakan Ratna Sarumpaet. (foto: dok. metrojateng)

 

Hoaks Ratna Sarumpaet

Sayangnya, semangat untuk segera bangkit dari pemulihan pasca-bencana itu harus diwarnai dengan kabar bohong yang justru diciptakan oleh pesohor negeri. Perempuan aktivis yang pernah dipenjarakan oleh rezim orde baru, Ratna Sarumpaet, mengaku dipukul oleh kelompok orang tak dikenal.

Ratna mengembangkan ide itu hingga menyebar melalui media dalam konferensi pers yang digelar calon presiden Prabowo Subianto. Belakangan Ratna mengaku telah berbohong soal pemukulan atas dirinya. Reaksi atas pengakuan itu beragam, tentu tak luput dari kecaman. Namun di sisi lain, ada pula yang bisa dipelajari dari kasus tersebut. Salah satunya adalah kehati-hatian dalam merespon informasi yang beredar di media sosial.

 

Rupiah Masih Melemah

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih terus melemah. Jumat (5/10/2018) lalu, nilai tukar rupiah per 1 Dolar AS mencapai Rp 15.159,10. Pelemahan itu berimbas pada bisnis yang dilakukan kontrator properti. Terutama berkaitan dengan bahan-bahan impor.

Pada waktu yang bersamaan, terjadi penurunann harga komoditas bahan pokok di Jawa Tengah. Penurunan harga komoditas bahan pokok pada bulan September mengakibatkan Jawa Tengah deflasi sebesar 0,01 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 131,69. (*)

Comments are closed.