Gelombang Pasang 1,5 Meter di laut Jawa Hingga Pertengahan Mei

METROSEMARANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Emas Semarang memperkirakan gelombang tinggi dan air laut pasang mencapai 1,5 meter di perairan laut Jawa bakal berlangsung hingga pertengahan Mei.

gelombang pasang
Perkampungan nelayan di Kota Semarang (foto: metrosemarang.com)

‘’Kami memprediksi gelombang air pasang yang terjadi di laut Jawa akan berlangsung hingga peretngahan Mei mendatang. Air pasang di pesisir pantai utara diperkirakan tertinggi mencapai 1,5 meter,’’ kata Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Emas Semarang, Ganis Eru Cahyo, Jumat (27/4).

Kondisi gelombang tinggi dan air laut pasang ini, menurutnya dikarenakan adanya peralihan musim yang terjadi di wilayah Indonesia. Sehingga memicu arah angin timuran bergerak ke utara dan membuat gelombang laut semakin tinggi.

‘’Kondisi ini diakibatkan karena adanya perubahan cuaca dari penghujan ke kemarau,’’ ujarnya.

Untuk itulah, dia mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai utara laut Jawa diharapkan agar selalu waspada. Sebab kemungkinan besar air pasang ini akan menggenangi wilayah mereka.

Dari data BMKG Maritim Semarang air laut pasang atau rob setiap harinya terjadi pada siang hari dan puncaknya pada pukul 18.00 atau menjelang malam hari. (duh)

You might also like

Comments are closed.