Gerakan Gereja Peduli Sungai akan Tebar 500 Ribu Benih Ikan di Semarang

METROSEMARANG.COM – Tujuh gereja di Semarang akan membuat kegiatan bertajuk “Gereja Peduli Sungai” dalam rangka perayaan Paskah 2016. Dalam gerakan tersebut ada sebanyak 500 ribu benih ikan yang akan ditebar di Sungai Banjir Kanal Barat dengan empat titik penyebaran, dan Waduk Jatibarang. Benih ikan akan ditabur di tempat-tempat tersebut pada Minggu (3/4) pukul 07.30.

Ketua panitia dari Gereja Santa Teresia Bongsari, Natalis Utomo mengatakan, prosesi tebar benih ikan dilakukan dengan perarakan dari Gereja Santa Teresia Bongsari menuju Sungai Banjir Kanal Barat dengan berjalan kaki.

Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

“Umat, masyarakat, tokoh masyarakat dan para pejabat pemerintah turut terlibat dalam acara itu. Nanti Gubernur Ganjar Pranowo dan Ketua DPRD Jawa Tengah juga akan hadir,” kata Natalis Utomo saat konferensi pers di Gereja Santa Teresia Bongsari, Jumat (1/4).

Ia melanjutkan, tebar benih ikan menjadi simbol pelestarian alam. Gerakan tersebut dilatarbelakangi oleh pernyataan yang dilontarkan oleh Paus Fransiskus dalam ensiklik Laudato Si’.

“Dunia macam apa yang ingin kita tinggalkan untuk mereka yang datang sesudah kita, anak-anak yang sedang dibesarkan. Gereja Katolik bersama masyarakat dan pemerintah ditantang untuk melakukan perubahan dan pertobatan,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya tebar benih ikan, pemerintah turut terlibat secara serius dalam melestarikan alam, khususnya ekosistem air sungai. “Tebar benih ikan diharapkan dapat mengetuk hati masyarakat untuk bersama-sama merawat sungai,” tandasnya.

Gereja yang tergabung dalam gerakan tersebut antara lain, Gereja Santa Teresia Bongsari, Gereja Katedral Santa Perawan Ratu Rosario Randusari, Gereja Hati Kudus Yesus Tanah Mas, Gereja Santo Michael Semarang Indah, Gereja Santo Ignatius Krapyak, Gereja Santo Yusuf Gedangan, Gereja Santo Petrus Krisologus BSB. (din)

You might also like

Comments are closed.