Gmedia Gelar Market Corner Goes to School

*di SMKN 4 Semarang

 

SEMARANG –  Gmedia berkolaborasi dengan UP Radio Semarang, menggelar Market Corner Goes To School. Acara ini memiliki konsep webinar melalui google meet yang mana pada kesempatan kali ini, peserta berasal dari siswa/siswi SMK 4 Semarang. Tema yang diangkat pada acara ini adalah “Digital Marketing Strategic for Industri 4.0”, dengan pengisi Tommy Arno Funz selaku Praktisi Bisnis Online, dan Fravio Co-Founder SURE Pictures.

 

Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB yang dibuka dengan sapa-sapa ringan oleh Shanty Rosalia selaku Station Manager UP Radio. Beliau memberikan arahan untuk mengikuti webinar dengan baik.

 

“Temen-temen SMK 4 bisa bertanya banyak hal, walau waktunya hanya sedikit. Jadilah siswa/siswi yang proaktif, yang mana bisa disusun dulu pertanyaannya supaya efektif”, kata Shanty.

 

Setelah selesai sapa-sapa ringan, acara dilanjutkan oleh Adhitya Darmawan selaku Moderator pada acara Market Corner Gmedia Goes To School kali ini. Adhit memberikan beberapa peraturan-peraturan yang berlaku kepada siswa/siswi SMK 4 Semarang.

 

“Baik temen-temen semua, jadi ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi yaitu, teman-teman wajib menyalakan video agar terlihat mukanya akan tetapi mic wajib di mute agar saat penyampaian materi tidak terganggu”, terang Adhit.

 

Usai menerangkan peraturan yang berlaku, acara dilanjutkan sambutan oleh Kepala Sekolah SMK 4 Semarang, Drs. Bambang Sujatmiko. Bapak Bambang, sapaan akrabnya, sangat mendukung kegiatan yang di selenggarakan Gmedia dan UP Radio Semarang ini.

 

“Lembaga tercinta Alhamdulillah menyambut dengan baik dan memberikan apresiasi yang luar biasa bagus pada Gmedia dan UP Radio Semarang yang telah melaksanakan kegiatan ini. Tolong untuk siswa/siswi, diperhatikan baik baik. Silahkan bertanya. Supaya diakui berkompeten’, ungkap Pak Bambang.

 

Setelah memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Tommy Arno Funz. Mas Tom, sapaan akrabnya, menjelaskan bagaimana pemanfaatan social media untuk berjualan product atau jasa. Mas Tom menerangkan bahwa hal yang pertama harus dilakukan adalah riset produk di internet.

 

“Jadi, fungsi nya supaya barang atau jasa yang kita tawarkan dicari atau tidak di internet, mengetahui kebutuhan pasar saat ini, mencari kota-kota yang butuh barang atau jasa kita”, ujar Mas Tom.

 

Selain melakukan riset produk, fokus dan kosisten adalah kunci utama dalam menjual produk di internet.

 

“Yang jadi PR sebetulnya bukan ilmu atau materi social media marketingnya, tapi fokus dan konsisten. Soalnya anak jaman sekarang kan sukanya instant-instant tuh, nah itu PR berat”, tambah Mas Tom.

 

Tidak hanya memberikan pemaparan materi, Mas Tom juga memberikan beberapa contoh-contoh product yang akan dijual di internet dengan menggunakan digital marketing. Siswa/siswi SMK 4 Semarang menjadi bisa lihat secara langsung pengimplementasian dari yang dipaparkan oleh Mas Tom.

 

Kurang lebih 30 menit materi dari Mas Tom berjalan dengan lancar dan mendapatkan 3 pertanyaan dari siswa/siswi SMK 4 Semarang. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Fravio. Mas Vio, sapaan akrabnya, menjelaskan perlunya ‘story’ dalam sebuah postingan.

 

“Ini menjadi salah satu strategi kita berkonten di sosial media. Akan tercipta komunikasi kepada calon customer kita jika kita kasih ‘story’ dibalik postingan kita. ‘Story’ itu bisa diterapkan dalam design visual, podcast, meme, atau video, apapun”, kata Vio.

 

Selain itu Mas Vio juga menerangkan bagaimana membuat konten yang sesuai dengan pasar yang kita mau. Dimulai dari hal yang terdekat dari kita, apa yang mau kita buat, apa yang dibutuhkan, dan harus memperhatikan target audience serta berapa usianya, lalu yang terakhir ada timeline perencanaan.

 

Acara yang dihadiri oleh 150 siswa/siswa kelas X-XII Jurusan Multimedia ini berjalan dengan lancar dan kondusif. Harapan terselenggaranya acara ini aagar siswa/siswi SMK 4 Semarang dapat berwirausaha dengan maksimal menggunakan sosial media dan menjadi generasi emas penerus bangsa yang berkompeten.(ris)

Leave A Reply