Gol Elthon Maran Gagal Hindarkan Sragen United dari Kekalahan

METROSEMARANG.COM – Sragen United harus mengakui keunggulan Persis Solo 1-2 dalam lanjutan Liga 2 Grup 4, Minggu (30/7). Gol Rudyana dan Bayu Nugroho hanya mampu dibalas oleh Elthon Maran di akhir babak kedua.

Elthon Maran gagal menghindarkan Sragen United dari kekalahan di kandang Persis Solo. Foto: metrosemarang.com

Persis Solo menjamu Sragen United di Stadion Manahan tanpa dihadiri suporternya, buntut kericuhan yang terjadi di Rembang, beberapa waktu lalu. Tuan rumah juga kehilangan striker Joko Prayitno yang masih dibekap cedera dan perannya digantikan oleh penyerang muda Rudyana.

Di kubu Sragen United, pelatih Jaya Hartono langsung memainkan rekrutan anyar M Hamzali untuk berduet dengan kapten Ramadhan Saputra di jantung pertahanan. Gelandang senior Lucky Wahyu kali ini diistirahatkan dan member kesempatan pada Reynaldi Junior sejak menit pertama.

Tim tamu lebih dulu mengancam saat laga memasuki menit 9. Tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Persis disambut dengan sepakan Andrid Wibawa yang berdiri bebas di mulut gawang. Namun, bola masih bisa dihalau Agung Prasetyo. Kiper Persis itu kemudian membuat dua penyelamatan beruntun dengan mematahkan peluang pemain Sragen United.

Dua menit berselang, giliran tuan rumah menebar ancaman. Tapi tendangan bebas yang dieksekusi Bayu Andra masih bisa ditepis Reza Pratama. Setelah itu nyaris tak ada peluang yang dihasilkan dari kedua tim. Tekanan yang diberikan pemain Sragen United di pertahanan lawan, membuat Bayu Andra, Widya Wahyu maupun Tri Handoko kesulitan mengalirkan bola ke lini depan.

Saat paruh pertama nyaris berakhir dengan skor kacamata, Rudyana akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit 43. Pemain bernomor 29 itu melakukan tendangan setengah voli dan mengarahkan bola ke sudut kanan atas gawang Reza Pratama, sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan Laskar Sambernyawa 1-0.

Keunggulan di babak pertama membuat pemain-pemain Persis lebih nyaman melakoni sisa pertandingan. Sementara Sragen United mencoba menambah daya gedor dengan menyuntikkan striker Jodi Kurniadhi menggantikan Hasan Husein.

Menit 56 tuan rumah nyaris menambah keunggulan. Aksi solo run Rudyana menyisir sisi kiri diakhiri sepakan keras dari dalam kotak penalty. Sayang bola hanya tipis di sisi kanan gawang Reza Pratama.

Sepuluh menit kemudian pemain pengganti Bakori Andreas sukses menjebol gawang Sragen meneruskan free kick Sony Setiawan. Namun wasit menganulir gol karena menganggap Bakori lebih dulu melakukan pelanggaran.

Usaha tim tamu menyamakan kedudukan melalui Elthon Maran, Andrid maupun Jodi selalu kandas di lini pertahanan Persis. Justru tuan rumah berhasil menggandakan skor di menit 81. Umpan terobosan pemain pengganti Eli Nasoka mampu dijangkau Bayu Nugroho. Winger Persis lolos dari perangkap offside dan dengan dingin menaklukkan Reza Pratama.

Sragen United baru berhasil menipiskan kedudukan di menit 88. Eksekusi tendangan bebas Elthon Maran di depan kotak penalty Persis gagal dihalau Agung Prasetyo. Namun, gol ini tetap tak mampu menghindarkan Sragen United dari kekalahan. Skor 2-1 untuk keunggulan Persis bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan ini belum mengubah posisi Persis di peringkat tiga Grup 4 dengan torehan 17 poin. Sebelumnya Persis juga mendapat pengurangan tiga poin karena dianggap kalah WO dari PSIR Rembang.

Sementara, Sragen United turun ke peringkat lima digeser Persipur Purwodadi yang di saat bersamaan mengalahkan PSIR. Dengan demikian Persipur naik ke posisi empat dengan koleksi 11 poin, unggul satu angka di atas Sragen United. (twy)

Susunan Pemain

Persis 4-3-3: Agung Prasetyo–Soni Setiawan, Asyraq Gufron, Ikhwan Ciptady, Akbar Riansyah; Bayu Andra, Widya Wahyu, Tri Handoko; Bayu Nugroho, Rudyana, Dedi CP

Sragen United 4-3-3: Reza Pratama–Ikhsan Hadi, Ramadhan Saputra (c), M Hamzali, Wismoyo Widhistio; Reynaldi Junior, Hasan Husain, M Rasul; Irfan Tuasalamony, Andrid Wibawa, Elthon Maran

You might also like

Comments are closed.