Gol Tunggal Penyambung Nafas Mahesa Jenar

Piala Presiden 2019

Meskipun kalah, Kalteng Putra masih punya kans lolos ke babak 8 besar. Dengan catatan, Laskar Enggang Borneo harus bisa mengalahkan Persipura di laga terakhir

SETELAH kalah dalam laga perdana Piala Presiden 2019, PSIS menyusun strategi lain di laga kedua, Minggu, 10 Maret 2019 malam. Masih di Stadion Moch Soebroto Magelang, PSIS mengubah komposisi pemain. Ibrahim Conteh dan Wallace Costa yang menjadi starter saat melawan Persipura di laga pertama, kali ini diparkir. Posisi mereka diisi Heru Setyawan dan Fauzan Fajri.

SUSUNAN PEMAINKalteng Putra 4-2-3-1: Dimas Galih–Wasiatul Hisbullah, OK Jhon, Rafael de Jesus, Fajar Handika; I Gede Sukadana, Rizki Dwi Febriyanto; Ferinando Pahabol, Diogo Campos, Antoni Putro Nugroho; Patrick Wanggai

PSIS 4-2-3-1: Joko Ribowo–Safrudin Tahar, Fauzan Fajri, Rio Saputro, Soni Setiawan; M Yunus, Heru Setyawan; Komarudin, Septian David Maulana, Hari Nur Yulianto; Claudir Marini Junior

 

Hari Nur Yulianto cs tampil cukup agresif sejak awal laga. Namun peluang pertama baru tercipta di menit 20. Eksekusi tendangan bebas Soni Setiawan dari sisi kanan pertahanan Kalteng Putra masih bisa ditepis kiper Dimas Galih.

Menit 30 Septian David merangsek masuk ke kotak penalti lawan, tapi Dimas Galih masih sigap mengamankan bola. Lima menit sebelum turun minum, free kick David bisa ditepis kiper.

Hari Nur mendapat peluang emas di menit 48. Sundulan kapten PSIS melebar di kanan gawang. Kalteng Putra juga beberapa kali menciptakan peluang berbahaya, tapi OK Jhon dkk belum mampu menuai hasil.

Diogo Campos nyaris memberi keunggulan untuk Kalteng Putra, namun bola bisa digagalkan Joko Ribowo. PSIS membalas lewat sundulan Bayu Nugroho di menit 84. Kali ini bola juga melayang di atas mistar.

Gol yang ditunggu baru tercipta di menit 90. Sepakan keras Heru Setyawan berhasil memecah kebuntuan dan membawa PSIS memimpin 1-0. Mahesa Jenar sukses memertahankan keunggulan meski harus bermain dengan 10 pemain setelah Safrudin Tahar diganjar kartu merah.

Kemenangan ini kembali menghidupkan peluang PSIS setelah kalah 1-3 dari Persipura di laga perdana. Gol tunggal Heru Setyawan di pengujung pertandingan itu memperpanjang nafas Mahesa Jenar untuk lolos dari fase grup.

 

Kalteng Putra Kalah Peluang

Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Olivera secara sportif mengakui keunggulan PSIS Semarang. Mahesa Jenar disebutnya lebih beruntung.

Sebetulnya, Kalteng Putra berniat menjaga momentum positif setelah menjungkalkan salah satu tim unggulan, PSM Makassar. Tapi pada babak pertama, PSIS lebih banyak menghasilkan peluang. Dua shot on goal diciptakan, tapi masih bisa digagalkan kiper Dimas Galih.

Tensi pertandingan meningkat di babak kedua. Kalteng Putra yang mengandalkan serangan balik, justru beberapa kali menciptakan peluang berbahaya. Namun peluang-peluang I Gede Sukadana dkk selalu mentah di tangan Joko Ribowo.

PSIS menghidupkan peluang lolos dari fase grup berkat kemenangan atas Kalteng Putra, Minggu (10/3/2019). Foto: metrojateng.com

Kiper PSIS itu membuat penyelamatan gemilang di menit 88. Sepakan bebas Diogo Campos dibelokkan dengan sundulan Feri Pahabol. Bola yang meluncur ke sudut kiri gawang masih bisa ditepis dengan satu tangan oleh Joko Ribowo.

Saat pertandingan sepertinya akan berakhir imbang, PSIS justru mampu mencuri gol dari satu-satunya peluang on target di sepanjang babak kedua. Sepakan volley Heru Setyawan di menit 90 meruntuhkan penampilan apik Dimas Galih.

“Pertandingan yang sangat menarik dan enak ditonton karena kedua tim sama-sama menyerang sejak awal pertandingan. Tapi keberuntungan untuk PSIS hari ini,” kata Gomes de Olivera.

Setelah gol Heru, Kalteng Putra yang baru saja promosi ke Liga 1 itu juga masih memiliki kans untuk menyamakan skor. Tapi Joko Ribowo membuat tiga penyelamatan beruntun di akhir injury time.

“PSIS bermain luar biasa dan akhirnya bisa cetak gol di menit akhir. Tapi saya puas dengan pemain Kalteng. Mereka sudah bermain bagus meski di kandang lawan dan menciptakan banyak peluang,” mantan pelatih Madura United itu menambahkan.

 

Belum Usai

Meskipun kalah, Kalteng Putra masih punya kans lolos ke babak 8 besar. Dengan catatan, Laskar Enggang Borneo harus bisa mengalahkan Persipura di laga terakhir yang akan digelar pada Sabtu, 16 Maret 2019. Sementara, Armada racikan Jafri Sastra wajib menang atas PSM Makassar, untuk menjaga kans lolos ke babak 8 besar.

Pada pertandingan sebelumnya, Persipura sukses menjinakkan PSM dengan skor 1-0. Gol Boaz Solossa di menit 88 menutup peluang Juku Eja. Persipura sementara memuncaki klasemen Grup C dengan poin enam. Kalteng Putra dan PSIS berada di bawahnya dengan poin tiga.

Persaingan bakal semakin seru jika PSIS juga bisa mengalahkan PSM. Dengan demikian Persipura, Kalteng Putra dan PSIS akan sama-sama memiliki poin enam. Hanya juara grup dan tiga runner up terbaik yang berhak melaju ke fase berikutnya. (*)

Reporter: Tri Wuryono
Editor: Eka Handriana

 

 

 

 

 

You might also like

Leave A Reply