Google Bisnisku Bikin UMKM Mudah Ditemukan di Search Engine

METROSEMARANG.COM – Google mengajak para pebisnis, khususnya UMKM untuk memanfaatkan produk-produknya agar lebih mudah dijangkau para pencari di mesin pencari Google. Dengan semakin mudah didapatkannya informasi mengenai UMKM tersebut, diharapkan produk yang ditawarkan menjadi semakin diminati pembeli.

Head of SMB Marketing, Google Indonesia, Fida Heyder, memaparkan produk Google Bisnisku Kamis (13/7) di Crowne Plaza Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Dalam Google Bisnisku ini terdapat informasi lengkap seperti jam operasional, foto bahkan komentar dari para konsumen yang dapat dibalas oleh pemilik usaha,” kata Head of SMB Marketing, Google Indonesia, Fida Heyder, Kamis (13/7) di Crowne Plaza Semarang.

Google Bisnisku ini juga menyediakan website gratis bagi para penggunanya. Pengguna hanya perlu menggunakan Smartphone untuk membuat akun dan menyunting informasi untuk meng-update status usahanya.

Dia menambahkan, setelah pengguna memasukkan informasi seperti nama, lokasi dan lain-lain, Google akan memverifikasi dengan mengirimkan kode akun melalui pos. “Pengguna tinggal memasukkan kode verifikasi tersebut ke dalam akunnya, kemudian dia akan memiliki akun tersebut secara penuh,” ujarnya.

Sejak dikenalkan pada 2015 lalu di Indonesia, tercatat ada sekitar 700 ribu UMKM yang sudah bergabung dan memanfaatkan produk Google Bisnisku. Jumlah ini dinilai masih jauh dari harapan dan sedang mengalami perkembangan yang lumayan pesat.

“Untuk meningkatkan jumlah wirausahawan yang memanfaatkan Google Bisnisku, kami mengadakan pelatihan-pelatihan penggunaan teknologi, seperti program Gapura Digital di 10 kota di seluruh Indonesia bekerjasama dengan co-working space masing-masing kota. (ade)

 

 

You might also like

Comments are closed.