Gratiskan Pembuatan KTA, Perpusda Jateng Jaring 1000 Anggota Perbulan

Pengunjung Perpusda Expo sedang mengamati bazaar buku murah. Perpusda Jateng menargetkan bisa menambah 1000 anggota perbulan. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha
Pengunjung Perpusda Expo sedang mengamati bazaar buku murah. Perpusda Jateng menargetkan bisa menambah 1000 anggota perbulan. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha

SEMARANG – Berbagai langkah dilakukan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Jawa Tengah untuk terus bersosialisasi kepada masyarakat. Pada Maret 2014 lalu, upaya tersebut diwujudkan dengan menetapkan pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) perpustakaan secara gratis.

Staf Seksi Jasa Teknis Perpusda Jateng, Selamet mengatakan, langkah pemberian layanan gratis untuk pembuatan KTA tersebut memang meningkatkan jumlah anggota Perpusda. Rata-rata untuk pendaftar anggota perpustakaan bisa mencapai 1000 per bulannya.

“Sebelum pemberlakuan biaya gratis, per bulan yang daftar KTA dari 600-800 orang. Tapi setelah gratis, banyak yang bergabung jadi anggota. Awal-awal gratis, kita hanya menargetkan dapat anggota 800, tapi bisa sampai 1000 lebih,” terangnya kepada metrosemarang.com, Rabu (27/5).

Di tahun 2015, angka kenaikan anggota dari bulan Januari hingga April yakni 1.549, 1.307, 1.863, dan 1.642. Kenaikan tersebut terbilang masih stabil dari angka kenaikan di tahun 2014.

“Kami akan terus mempertahankan angka pendaftaran KTA per bulannya dengan rata-rata 1000 anggota. Kami juga akan terus bersosialisasi terkait keberadaan Perpusda ini, seperti dengan mengadakan Perpustakaan Keliling dan Perpusda Expo yang kali sedang kami gelar hingga 28 Mei besok (hari ini-red),” tambahnya.

Selain untuk bersosialisasi, pembuatan KTA gratis juga ditujukan untuk meningkatkan minat membaca masyarakat. “Semua layanan sudah kami coba untuk memberikan kemudahan. Semoga minat membaca masyarakat khususnya di Semarang bisa terus bertambah,” pungkasnya. (ans)

You might also like

Comments are closed.