Habib Umar: Keluarga adalah Rumah Terbaik

KH Umar Mutohar Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha
KH Umar Mutohar
Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha

SEBAGIAN besar warga Nahdlatul Ulama terutama di Semarang bisa dipastikan mengenal K.H. Umar Mutohar. Penyampaian dakwah yang ceplas ceplos dan mudah dipahami, membuat alumni Pondok Pesantren Darunnasyi’in Malang Jawa Timur ini selalu ditunggu.

Habib Umar, begitu dia disapa, selalu menyelipkan humor-humor segar dalam setiap materi dakwahnya. Seperti halnya saat mengisi pengajian akbar UKM Bita di FITK UIN Walisongo, tengah pekan kemarin.

Meski punya jadwal ceramah yang lumayan padat, kyai kelahiran Semarang 54 tahun silam itu tak lantas melupakan keluarganya. Menurutnya, keluarga adalah awal untuk memetik sukses. “Keluarga kita adalah rumah yang baik, dan rumah yang baik adalah rumah yang dihuni orang-orang baik,” urainya.

Suami dari Syarifah Rughoiyah (42) ini juga tak pernah bosan mengingatkan jemaahnya agar selalu menghormati guru tanpa memandang statusnya. “Ketaatan dan penghormatan kepada guru menjadi keberkahan, meski dengan sedikit ilmu akan bermanfaat untuk orang lain,” tuturnya. (ans)

 

You might also like

Comments are closed.