Habiskan Rp 18 Triliun, Tol Semarang-Demak Segera Dibangun

METROSEMARANG.COM – Rencana pembangunan jalan tol Semarang-Demak sepanjang 27 kilometer diperkirakan akan menelan anggaran Rp18 triliun. Proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini juga nanti akan berfungsi sebagai tanggul laut di wilayah pesisir Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Ilustrasi. Tol Semarang-Demak segera dibangun dan diperkirakan menyedot anggaran Rp 18 triliun. Foto: metrosemarang.com

Anggaran sebesar itu termasuk untuk pembebasan lahan. Karena itu, Pemerintah Kota Semarang dan juga Pemerintah Kabupaten Demak nantinya hanya akan diminta untuk melakukan sosialisasi pembangunan jalan tol kepada warga yang terdampak.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, pembebasan lahan yang dilakukannya saat ini sedang dikebut. Ditargetkan pertengahan tahun ini pembebasan lahan sudah bisa selesai.

‘’Begitu Amdalnya (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) selesai maka pembebasan lahan akan segera dimulai. Setelah itu langsung akan dilanjutkan tahapan-tahapan lainnya untuk percepatan pembangunan,’’ kata Arie Setiadi, Senin (9/4).

Dijelaskan, untuk pembangunan jalan tol ini membutuhkan anggaran sekira Rp 11,5 triliun. Sedangkan untuk pembebasan lahannya diperkirakan mencapai Rp 6,5 triliun.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan, rencana pembangunan jalan tol Semarang-Demak tahun ini rencana sudah dilakukan lelang. Dari hasil pertemuan dengan Dirjen Bina Marga, diakui Pemerintah Kota Semarang hanya diminta menyiapkan regulasi penyesuaian tata ruang. Kemudian melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai rencana pembebasan lahan tersebut.

‘’Kami optimistis pembangunan jalan tol ini akan mendorong dan mendongkrak pereknomian. Akan banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di kota ini,’’ tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.