Handika Rizki Lusti, Terbang ke Jepang dengan Roket Air

Handika Rizki Lusti menenteng karyanya didampingi Kepala Sekolah dan pembimbingnya. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya
Handika Rizki Lusti menenteng karyanya didampingi Kepala Sekolah dan pembimbingnya. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya

 

SEMARANG – Kreativitas dan ketekunan Handika Rizki Lusti Pradani (14), patut diacungi jempol. Siswa kelas III C, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Pengajian Ahad Pagi Bersama (PAPB) Palebon, Pedurungan, Semarang ini berhasil menciptakan sebuah produk sains berupa roket air yang bertekanan tinggi.

Atas ketekunannya itu, ia terpilih menjadi salah satu wakil dari Indonesia  untuk mengikuti kompetisi roket air di Jepang. Sebuah kebanggaan tentunya, mengingat untuk bisa mendapatkan tiket terbang ke Negeri Sakura harus melewati kompetisi mulai dari tingkat lokal di Kota Semarang, hingga tingkat nasional.

Didampingi guru pengasuhnya, pada 28 November 2014, Handika bertolak terbang ke Jepang untuk mengikuti ajang tersebut.

“Kami sangat bangga, anak didik kami bisa menjadi salah satu peserta yang mewakili Indonesia dalam kompetisi roket air di Jepang,” kata Usman Ro’in, salah satu guru SMPIT PAPB, yang juga menjadi pembimbing Handika Lusi Pradani, saat ditemui metrosemarang.com, Jumat (5/12) siang

Usman mengatakan, Handika memang telah kembali ke Semarang, sejak Selasa (2/12) lalu. Kendati belum bisa menjadi juara, dirinya mengaku sangat bangga karena satu siswanya bisa mengikuti kompetisi bergengsi di Jepang.

Di SMPIT PAPB, roket air memang sudah dikembangkan sejak dua tahun terakhir. Roket air didesain menggunakan tenaga tekanan udara. Awalnya botol diisi tekanan udara dan air dari bagian atas, setelah tekanan cukup, tutup bagian bawah dibuka sehingga botol terdorong ke atas.

“Dulu awalnya sering melakukan uji coba. Tidak sekali langsung berhasil. Beberapa kali diuji coba hingga akhirnya berhasil. Bahkan, akhirnya menyabet best desain,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Sekolah HM Ramelan juga menyatakan rasa bangganya atas prestasi yang ditorehkan Handika. “Handika  masuk 5 dari 6 besar seluruh Indonesia. Lolos dalam kompetisi International di Jepang itu adalah prestasi luar biasa,” tandasnya. (yas)

You might also like

Comments are closed.