Harga Beras Terus Melejit, Tembus Rp 14 Ribu per Kilogram

METROSEMARANG.COM – Harga beras di pasaran hingga kini tidak kunjung turun. Di sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang bahkan harga beras dapat mencapai Rp14 ribu per kilogramnya untuk beras kualitas bagus.

Harga beras terus melejit dan tembus Rp 14 ribu per kilo. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Menurut pedagang tingginya harga beras ini lantaran stoknya sedikit dan petani belum panen. Tingginya harga beras di pasar tradisional Semarang ini salah satunya diakui para pedagang di Pasar Waru Kaligawe.

Menurut sejumlah pedagang sembako di pasar tersebut, harga beras saat termahal dapat mencapai Rp14 ribu untuk beras dengan kualitas baik sedangkan terendah Rp 11 ribu.

‘’Harga ini jauh lebih mahal dari bulan lalu, dimana harga beras saat itu tertinggi hanya Rp11 ribu termurah Rp9 ribu perkilogramnya,’’ kata Hadi Nugroho seorang pedagang beras, Jumat (19/1).

Dari informasi yang diperoleh pedagang mahalnya harga beras ini lantaran stok gabah di petani sedang kosong karena petani belum panen. ‘’Kami para pedagang optimis harga beras akan segera turun saat petani sudah mulai panen,’’kata Sumiati, pedagang beras lainya.

Mahalnya harga beras tidak saja terjadi di Kota Semarang namun juga hampir di seluruh daerah di Indonesia. Meski berbagai upaya menurunkan harga beras telah dilakukan pemerintah namun hingga kini harga beras juga tidak kunjung turun atau stabil. (duh)

You might also like

Comments are closed.