Harga Premium Turun, SPBU di Semarang Kewalahan Layani Pembeli

Antrean kendaraan di SPBU Coco Jalan Ahmad Yani Semarang pada hari pertama pemberlakuan tarif baru BBM bersubsidi, Selasa (5/1). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Antrean kendaraan di SPBU Coco Jalan Ahmad Yani Semarang pada hari pertama pemberlakuan tarif baru BBM bersubsidi, Selasa (5/1). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Penurunan harga bahan bakar minyak bersubsidi pada hari ini, Selasa (5/1) memengaruhi laju penjualan premium di tiap SPBU Kota Semarang. Di SPBU Coco Jalan Ahmad Yani Semarang, antrean mobil pribadi mengular hingga ke bahu jalan demi mendapatkan pasokan premium dan solar dengan harga baru yang dipatok oleh Pertamina.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Pertamina hari ini menurunkan harga BBM untuk jenis premium jadi Rp 6.900 per liter dan solar jadi Rp 5.750 per liter. Penurunan harga ini telah disetujui oleh pihak-pihak terkait mulai legislator di Senayan dan Presiden Joko Widodo.

“Hari ini ada peningkatan penjualan 5 ton untuk premium dan solar serta penjualan pertamax juga naik 2 ton,” kata Purnomo, pengawas BBM SPBU Coco di Jalan Ahmad Yani Semarang.

Ia menjelaskan dari jumlah stok premium yang tersedia sebanyak 30 ton, kini sudah laku 17 ton. “Ini saya mau nambah stok lagi 16 ton,” lanjut Purnomo.

Selain itu, ia juga telah menyediakan stok untuk bahan bakar pertalite sekitar 19 ton, pertamax 25 ton, pertamax plus 12 ton dan solar 12 ton. Menurutnya, volume pembeli yang naik signifikan membuat petugasnya kewalahan.

Para pembeli, kata Purnomo, kebanyakan dari instansi bank umum dan dinas pemerintahan. SPBU Coco sendiri kini telah mengoptimalkan 30 petugas yang terbagi di tiga sift sehari.

“Pembelian paling ramai pas pukul 08.00-09.00 WIB, lalu 12.00-13.00 WIB, 16.00-17.00 WIB dan 21.00-22.00 WIB nanti malam,” sambungnya.

Ia mengaku gembira dengan lonjakan pembeli pada hari ini. Sebab, hal itu cukup memengaruhi penjualan bahan bakar di tempat kerjanya sejak pagi tadi. “Dan puncak keramaian pembeli terjadi pada siang ini,” tutupnya.

Selain di SPBU Coco, metrosemarang.com juga memantau terjadi lonjakan penjualan di SPBU Jalan Indraprasta, SPBU Imam Bonjol dan SPBU Pamularsih. Rata-rata peningkatan penjualan sekitar 2-4 ton. (far)

You might also like

Comments are closed.