Hari Pertama UNBK SMA Tanpa Kendala

METROSEMARANG.COM – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA hari pertama mulai digelar Senin (10/4) pagi. Sesi pertama UNBK di SMA 8 Semarang berjalan lancar tanpa kendala.

Pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 2 Semarang, Senin (10/4).

“Sesi pertama lancar, tidak ada masalah, untuk log in dan lainnya lancar semua,” jelas Sugiyo, Kepala SMA 8.

SMA 8 telah dua kali ini menggelar UNBK. Selain itu persiapan juga sudah jauh-jauh hari dilakukan. Termasuk masalah instalasi listrik. Pihak sekolah kata dia telah memisahkan kabel lampu, AC, juga komputer.

“Sudah kami pisah, jadi misal kabel lampu yang rusak atau mati komputer tidak akan terpengaruh,” imbuhnya.

Selain itu pihak sekolah juga telah memiliki genset yang mampu menyuplai listrik ke 110 komputer yang dimiliki SMA 8. “Harapannya jelas tidak ada pemadaman, sehingga bisa lancar terkendali,” tambahnya.

Sebelumnya pihak sekolah telah melakukan sinkronisasi pada hari Sabtu minggu lalu yang selesai hingga pukul 18.00 petang. Sinkronisasi disusul dengan pengunduhan kartu peserta ujian untuk kemudia dicetak.

Selain menggelar UNBK, pada akhir sesi setiap harinya akan dilakukan laporan harian yang dikirimkan ke sub Rayon 03 yang bertempat di SMA 6. “Kami ada tiga lab dengan lima proktor, lima pengawas dan tiga teknisi, jadi meski ada 3 sesi kami harap bisa lancar,” tegasnya.

Sama seperti SMA 8, SMAN 2 Semarang juga selenggarakan UNBK. Namun UNBK kali ini merupakan yang pertama dilaksanakan oleh SMA 2. “Aman dan lancar tidak ada kendala,” kata Kepala SMA 2 Wagino Sunarto.

Untuk mendukung pelaksanaan UNBK, pihak sekolah juga meminjam perangkat komputer jinjing atau laptop dari orang tua siswa. Mengingat jumlah komputer milik sekolah hanya 35 unit saja. “Kini ada 190 unit komputer, dengan jumlah siswa 520,” tambahnya.

Salah satu siswa kelas XII IPA, Diva Herliananda Putri mengaku senang dengan sistem ujian berbasis komputer. Lantaran menurutnya lebih modern. Kendati demikian ia mengaku jika matanya cepat lelah karena harus terus memandang layar komputer. (vit)

You might also like

Comments are closed.