Hari Terakhir, Peserta Tax Amnesty di Semarang Membeludak

METROSEMARANG.COM – Menjelang penutupan program Tax Amnesty tahap ketiga, jumlah pembayar pajak di Kota Semarang membeludak. Pantauan pada Jumat pagi (31/3), antrean pembayar pajak untuk program Tax Amnesty di kantor Pajak wilayah Semarang Barat, terlihat cukup panjang.

Antrean pembayar pajak untuk program Tax Amnesty di kantor Pajak wilayah Semarang Barat, Jumat (31/3). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Ini saya buru-buru bayar pajak buat Tax Amnesty. Dari pagi saya sudah mengantre di sini,” kata Heriawati, seorang wajib pajak asal daerah Krapyak kepada metrosemarang.com.

Ia mengatakan ingin memanfaatkan Tax Amnesty agar tunggakan pajak yang dibayarkan di masa mendatang bisa lebih ringan.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJP Jateng I Irawan menyatakan memasuki hari terakhir Tax Amnesty, sudah ada peningkatan jumlah peserta mencapai 2.000 orang. Di Semarang, pembayaran Tax Amnesty bisa dilakukan di delapan titik dan satu loket di kantor wilayah.

“Dan jumlah peserta Tax Amnesty naik pesat. Untuk tahap III pada tahun ini saja, jumlahnya 17.722 orang dari semula hanya 16.000 orang. Ada kenaikan 2.000 orang,” katanya.

Untuk mengantisipasi situasi gaduh saat antrean panjang, ia mengaku telah mengerahkan semua pegawainya untuk ditempatkan di loket-loket pembayaran. “Semua lokasi kita tambah petugasnya,” terangnya.

Menurutnya dari sisi uang tebusan, untuk saat ini pihaknya telah menerima total Rp 461 miliar. Pembayaran Tax Amnesty akan ditutup pukul 00.00 WIB dini hari nanti. Jika melewati batas waktu, pihaknya hanya akan menerima berkasnya tapi baru akan diproses setelah tanggal 1 April nanti.

“Kalau besok mendaftar sudah enggak bisa. Karena batasnya cuma sampai pukul 00.00 WIB nanti,” tegasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.