Harmini: Budayakan 3S di Sekolah

Harmini Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha
Harmini
Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha

BUDAYA senyum, sapa, dan salam atau sering dikenal 3S mungkin kerap dianggap sebagai hal sepele. Padahal, kebiasaan itu merupakan salah satu cara untuk mendidik moral anak. Setidaknya, itulah yang diyakini Harmini, Humas SMA Negeri 1 Semarang.

Menurut dia, budaya 3S hingga sekarang ini terus dipraktikkan dalam keseharian di SMAN 1 Semarang, baik antar siswa maupun siswa dengan para guru. “Di sini para siswa dibudayakan salam dan cium tangan guru saat datang dan pulang sekolah. Sesama siswa juga saling sapa dan bersalaman saat ketemu,” ujarnya kepada metrosemarang.com.

Baginya, budaya 3S menjadi jembatan mendidik para siswa untuk saling menghargai satu sama lain. Selain itu juga untuk menciptakan aura positif dalam berkomunikasi. “Dari awal kalau sudah dengan senyum maka kita tidak punya pikiran neka-neka sama orang lain. Rasa kebersamaan akan muncul, sehingga lahir rasa tanggung jawab memajukan sekolah,” tambahnya.

Guru berusia 52 tahun itu menambahkan, budaya 3S juga diterapkan antar sesama karyawan sekolah. Hal itu dirasakannya sangat berdampak positif sehingga bisa membuat para karyawan merasa betah dan bersemangat untuk bekerja. (ans)

Comments are closed.