Haudi dan Johan Sempurnakan Rekor Kandang PSIS

METROSEMARANG.COM – PSIS memetik kemenangan dua gol tanpa balas atas Persik Kediri dalam laga ujicoba di Stadion Jatidiri, Minggu (2/4) sore. Gol-gol Haudi Abdillah dan Johan Yoga Utama di babak kedua memastikan keunggulan skuad Mahesa Jenar sekaligus menjaga tren kemenangan kandang sepanjang pramusim.

Haudi Abdillah melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Persik. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

PSIS tampil dengan skuad yang nyaris sama saat takluk 0-1 di markas Persebaya Surabaya, 19 Maret silam. Hanya Awan Setho Raharjo yang menggantikan posisi Aji Bayu di bawah mistar, yang menandai debutnya bersama tim Ibukota Jateng.

Meski menurunkan tiga penyerang sekaligus, tuan rumah justru dibuat tak berkutik mengatasi ketatnya penjagaan pemain-pemain Macan Putih—julukan Persik—yang menumpuk lima gelandang di lini tengah. Dua penyerang sayap yang diperankan Hari Nur dan Juni Riyadi selalu kesulitan untuk memberikan umpan-umpan matang kepada Johan Yoga.

Di babak pertama, nyaris tak ada peluang yang dihasilkan anak asuh Subangkit. Satu-satunya kans dimiliki Hari Nur di menit 12 ketika tendangannya dari luar kotak penalti ditepis kiper Persik, Tedi Heri Setiawan. Tim tamu bahkan sama sekali tak memberikan ancaman ke gawang Awan Setho.

Selepas jeda, permainan menjadi semakin menarik. Subangkit mengubah strategi dari 3-4-3 menjadi 4-4-2 dengan memasukkan Erik Dwi Ermawansyah dan mengganti bek Anhar Latif. Saddam Sudarma juga diganti Ahmad Agung untuk menambah kekuatan di lini tengah.

Dua menit setelah turun minum, PSIS mendapat peluang melalui Hari Nur. Kali ini sepakannya masih bisa diblok bek Persik dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Berawal dari sepak pojok inilah gol tuan rumah tercipta. Bek Haudi Abdilah sukses memanfaatkan kemelut di area penalty Persik. Tendangan salto eks PON Jateng itu meluncur pelan ke sudut kiri gawang Tedi Heri dan gagal dihalau dengan sempurna oleh Sandi.

Tuan rumah makin di atas angin setelah Persik harus kehilangan Jaya Hartono yang diusir wasit di pertengahan babak kedua. Namun usaha pemain-pemain PSIS untuk menambah gol baru membuahkan hasil di menit 75. Johan Yoga sukses meneruskan umpan silang Safrudin Tahar dari sayap kanan. Sepakan kapten PSIS itu gagal dijangkau kiper Tedi Heri.

Tiga menit kemudian giliran Taufik Hidayat yang menebar ancaman. Namun, sepakannya masih melayang tipis di atas mistar gawang Persik. Di menit-menit akhir, kubu tuan rumah meminta klaim penalti ketika pemain pengganti, Albi Lanju Pamungkas terjatuh di area terlarang. Tapi, wasit Handri Kristanto tetap meminta play on. Skor 2-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Hasil ini menjadi modal berharga bagi Johan Yoga dkk sebelum bergulirnya Liga 2 pada 19 April mendatang. PSIS juga sukses menjaga rekor kandang di masa pramusim. Enam laga kandang mampu diakhiri dengan kemenangan. Sedangkan dari empat laga away, pasukan Subangkit sukses memetik satu kemenangan, sekali seri dan dua kali kalah.

PSIS dijadwalkan bakal melakoni laga ujicoba di Jatidiri pada Minggu (9/4) mendatang dengan menjamu PSS Sleman. (twy)

Susunan Pemain

PSIS 3-4-3: Awan Setho; Anhar Latif, Haudi Abdillah, Rio Saputro; Taufik Hidayat, M Yunus, Saddam Sudarma, Safrudin Tahar; Juni Riyadi, Johan Yoga, Hari Nur

Persik 4-2-3-1: Tedi Heri Setiawan; Sedek Sanaki, Gitra Yuda, Ahmad Taufik, Sandi; Jaya Hartono, Eka Sama Adi; Sendy Pratama, Pipo Jansen, Arif Yanggi Rahman; Gugun Gumilar

You might also like

Comments are closed.