Hendi Ajak Keluarga Tanamkan Nilai-nilai Pancasila Ideologi Bangsa

METROSEMARANG.COM – Penetapan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia oleh para pendiri bangsa sudah melalui proses yang panjang. Dengan peringatan 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila, diharapkan para generasi bangsa pun dapat kembali menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila tersebut.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Balai Kota Semarang, Kamis (1/6). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

‘’Ini sudah tidak perlu didiskusikan lagi. Pancasila telah menjadi dasar negara kita hari ini dan selamanya, pendiri bangsa sudah merumuskannya cukup lama saat memerdekakan bangsa ini,’’ ungkap Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat memimpin upacara peringatan Hari lahirnya Pancasila di Balai Kota, Kamis (1/6).

Ia mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Sebab cukup jelas bangsa ini terdiri dari keberagaman suku, ras, etnis, budaya dan agama. Saat perumusan kemerdekaan para pendiri bangsa tidak menyebutkan dasar negaranya adalah salah satu ajaran agama, tetapi Pancasila yang itu sudah terbukti dan teruji mempersatukan bangsa Indonesia.

Hendi, sapaan wali kota, mengimbau para pemuda generasi bangsa, agar dapat mengisi perjuangan para pendiri bangsa tersebut dengan hal-hal yang lebih bermanfaat. Bukan malah kembali mempertanyakan dasar negara.

‘’Keluarga memiliki peran penting untuk mengajarkan pemahaman Pancasila sebagai ideologi bangsa. Sekaligus mengantisipasi masuknya paham radikal yang mencoba mempengaruhi anak muda sebagai generasi bangsa,’’ katanya.

Ditegaskan, saat ini bangsa Indonesia sedang dalam proses pembangunan untuk lebih baik. Sehingga jangan sampai adanya oknum yang mencoba merongrong ideologi bangsa ini, akhirnya menjadi penghambat pembangunan. (duh)

You might also like

Comments are closed.