Hendi Ingin Jawara Kontes Durian jadi Ikon Kota Semarang

METROSEMARANG.COM – Festival Durian di komplek Waduk Jatibarang yang dimulai Jumat berakhir pada hari Minggu (26/2) ini. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berharap, durian-durian yang menang lomba dapat dibudidayakan dan dijual dengan partai besar.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyaksikan durian ross milik Trisno yang menjadi juara satu lomba durian pada Semarang Durian Festival, Sabtu (25/2). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

‘’Durian-durian unggul yang menang, harus menjadi ikon Kota Semarang. Serta dapat membuat petaninya lebih sejahtera,’’ katanya.

Dalam festival sendiri, lomba durian unggul pemenangnya terpilih Durian Ross, milik Trisno warga dari Pakintelan, Gunungpati, sebagai juara pertama. Trisno juga meraih juara 3 dengan Durian Roronya. Sedangkan juara 2 Durian Mowo milik Rochman dari Purwosari, Mijen.

Dinas Pertanian dan para petani durian, menyiapkan 20.000 buah durian dalam festival. Menurut wali kota yang biasa disapa Hendi, jika per buah dijual Rp 50 ribu saja, maka selama 3 hari kegiatan festival perputaran omset mencapai Rp 1 miliar.

‘’Karena itu, durian-durian unggul yang menang lomba segera dibudidayakan dalam jumlah banyak, sehingga petani pun bisa sejahtera,’’ katanya.

Festival ini diikuti oleh berbagai asosiasi di antaranya Asosiasi Gapoktan, Multiflora, Petani Buah, Tanaman Obat, juga Asosiasi Jamur. Serta Desa Wisata, Cluster Kuliner, dan Bursa Durian. (duh)

You might also like

Comments are closed.