Hendi Klaim Proses Seleksi Kepala Dinas Bebas Sogokan

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memastikan proses seleksi untuk mengisi kekosongan 4 jabatan kepala dinas bebas dari pungutan liar (pungli), uang sogokan dan unsur kedekatan. Sebab ia membutuhkan banyak kepala dinas yang terampil, kreatif dan memiliki visi membangun Semarang lebih hebat.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi
Foto: metrosemarang.com/dok

Hendi, sapaannya, mengatakan, bulan Juni dipastikan kekosongan 4 jabatan tersebut sudah terisi. Saat ini proses seleksi calon kepada dinas tersebut sudah selesai untuk tahap administrasi. Kemudian akan dilanjutkan dengan tahap seleksi membuat resume.

‘’Cukup menggembirakan karena peminatnya banyak, masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah atau dinas) ada 18 orang, kecuali untuk Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) hanya ada 4 orang peminat,’’ katanya, Rabu (26/4).

Semua peminat yang mengikuti proses selekesi tersebut dari internal Pemkot Semarang. Untuk seleksi membuat resume, katanya, adalah terkait dengan kreatifitas masing-masing calon ketika menjabat sebagai kepala dinas nanti. Pembuatan resume ini dilakukan pada 26 dan 27 April.

‘’Kami membutuhkan banyak kepala dinas yang terampil, kreatif dan memiliki visi membangun Semarang yang lebih hebat. Nah dari resume itu kami ingin menemukan calon kepala dinas yang benar-benar memiliki banyak lompatan program,’’ katanya.

Setelah membuat resume, selanjutnya pada 3 Mei mendatang para calon akan mengikuti seleksi wawancara oleh tim panitia seleksi (pansel) yang diketuai Sekretaris Daerah Kota Semarang, Adi Trihananto.

‘’Dari tiga tahapan itu, tim pansel akan menentukan 3 peringkat teratas untuk masing-masing OPD, kemudian mereka akan melakukan wawancara pemantapan dengan wali kota dan wakil wali kota,’’ jelasnya.

Ia menegaskan, proses seleski ini berlangsung terbuka dan penilaiannya selektif. Tidak ada pengutan liar (pungli), uang sogokan, atau unsur kedekatan. Tetapi benar-benar kapabilitas dan kualitas calon. (duh)

You might also like

Comments are closed.