Hendi: Kualitas Pilwakot Ditentukan PPS

Pelantikan anggota PPS se-Kota Semarang di Balai Kota, Senin (18/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Pelantikan anggota PPS se-Kota Semarang di Balai Kota, Senin (18/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjadi elemen penting dalam pelaksanaan pemilihan wali kota (Pilwakot). Karenanya, mereka dituntut bisa melaksanakan tugas tersebut secara profesional.

Hal itu disampaikan Wali Kota Hendrar Prihadi saat pelantikan anggota PPS se-Kota Semarang yang dilakukan di Ruang Lokakrida, Balai Kota Semarang, Senin (18/5). Menurut dia, PPS sangat berperan menentukan kualitas pelaksanaan Pilwakot.

“Kualitas Pilwakot sangat ditentukan oleh PPS. Apakah Pilwakot nanti akan Luber (Langsung Umum Bebas Rahasia) dan Jurdil (Jujur dan Adil) itu semua ditentukan mulai PPS,” terang pria yang akrab disapa Hendi ini.

Dia juga berpesan agar PPS menjaga netralitas dalam pelaksanaan. Selain itu, wewenang sebagai PPS tidak untuk gagah-gagahan. “Harus netral dan tidak boleh memihak salah satu kalau ketahuan,” kata Hendi bercanda.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 531 PPS dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang. Mereka akan ditugaskan di 2.810 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilwakot akhir 2015 mendatang. (ade)

You might also like

Comments are closed.