Hendi Prihatin Peredaran Miras di Semarang Meningkat

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengapresiasi kinerja jajaran Polrestabes Semarang dalam meningkatkan kondusivitas menjelang datangnya bulan Ramadan. Hal tersebut disampaikannya usai menyaksikan pemusnahan 6.032 botol miras di Lapangan Bhayangkara Mapolrestabes Semarang, Jumat (26/5).

Pemusnahan barang bukti miras di Mapolrestabes Semarang, Jumat (26/5). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Dari penemuan ribuan botol miras tersebut, Hendi, sapaan Hendrar Prihadi mencatat ada dua sisi luar biasa yang bisa dijadikan sebagai pengembangan dan evaluasi ke depan. Yang pertama, masih cukup banyak distribusi miras di Kota Semarang. Itu dibuktikan dengan peningkatan temuan dari tahun kemarin yang dimusnahkan sebanyak 4.695 botol, dan tahun ini mencapai 6.032.

“Jadi meskipun sudah dimusnahkan tahun kemarin, nyatanya masih banyak juga peredarannya. Ini yang menjadi sebuah evaluasi kita kenapa bisa begitu,” ujar Hendi.

Kedua, lanjut Hendi, langkah-langkah preventif juga tampaknya harus dilakukan untuk menanggulangi mewabahnya para pengguna miras. Menurutnya, sebagian besar pengguna miras justru remaja yang berusia belasan tahun dan itu membuat situasi di masyarakat semakin tidak kondusif.

“Karena umumnya yang disasar adalah anak muda, Miras ini juga merupakan awal dari kejahatan. Banyak sekali kalau kita lihat di berita pelaku kejahatan justru anak muda berusia belasan tahun, mereka berani bertindak seperti itu karena mabuk dulu, minum miras,” tambahnya.

Menanggapi dua evaluasi tersebut, Hendi berkoordinasi dengan Muspida untuk segera menginstruksikan jajarannya melakukan upaya sosialisasi di tengah masyarakat. Menurutnya masih banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk membantu percepatan pembangunan Kota Semarang. (fen)

You might also like

Comments are closed.