Hendi Tegaskan Sirkuit Mijen Bukan untuk MXGP

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan event MXGP tidak akan diselenggarakan di Sikuit Mijen yang berada di belakang Kantor Kelurahan Jatisari. Hal itu menanggapi adanya keberatan dari masyarakat yang menganggap event MXGP akan dilakukan di sirkuit tersebut.

Crosser terbaik dunia bakal tampil di Semarang, 7-8 Juli 2018. Foto: mxgp.com

Hendi, sapaannya, menerangkan, Sirkuit Mijen adalah sirkuit yang dibangun dengan lintasan aspal. Sedangkan MXGP adalah event motocros yang lintasannya berupa tanah.

‘’Jadi (Sirkuit Mijen) ini tidak ada kaitannya dengan event MXGP yang akan diselenggarakan di Kota Semarang. Kalau MXGP adalah event motocros yang lintasannya berupa tanah,’’ terangnya, Kamis (22/3).

Tahap pertama pembangunan Sirkuit Mijen oleh Pemkot Semarang pada tahun lalu sudah selesai 100 persen. Tahap kedua akan dilanjutkan tahun ini berupa pengerjaan tribun dan pintu gerbang sekaligus pembenahan paddock, dengan anggaran Rp 60 miliar dan sudah dalam proses lelang. Diharapkan akhir tahun ini sudah bisa selesai.

Baca Juga: Juara Dunia 9 Kali Tony Cairoli bakal Ramaikan MXGP di Semarang

‘’Kalau yang MXGP, pembuatan sirkuitnya baru dimulai seminggu yang lalu dengan cut and fill atau gali dan uruk dari pihak panitia pusat, dengan supervisi dari Federasi Internasional Motosport,’’ tegasnya.

Pembangunan sirkuit untuk MXGP itu panitia menargetkan bulan Mei nanti selesai. Sehingga diharapkan Juni sudah bisa dipakai untuk latihan oleh pebalap-pebalap luar negeri yang nanti akan ikut dalam event tersebut. Dimana event MXGP sendiri akan digelar pada 7 dan 8 Juli 2018.

‘’Di mana lokasinya? Lokasinya (sirkuit) MXGP kebetulan juga sama di BSB Mijen (sama di daerah Jatisari, red), jadi kami mendapatkan rekomendasi atau izin dari pemilik BSB untuk memakai lahan sekira 20 hektare, yang nanti akan dipakai untuk event MXGP. Jadi nanti lahannya milik swasta, tidak jauh dari Sirkuit Mijen. Dana pembuatan sirkuit MXGP ini juga dari swasta,’’ kata Hendi.

Sirkuit MXGP tidak akan permanen, karena itu pembangunannnya hanya berupa tanah yang dilakukan pengeprasan dengan alat-alat berat.

Berdasarkan kalender MXGP 2018, Semarang mendapat jatah menggelar seri ke-13. Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk dua seri. Selain Semarang, seri ke-12 akan digelar di Pangkalpinang pada 1 Juli. (duh)

You might also like

Comments are closed.