Hendi Wacanakan Pemekaran jadi 32 Kecamatan

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang sedang mengkaji untuk melakukan pemekaran kecamatan. Disebutkan idealnya Ibu Kota Privinsi Jawa Tengah ini memiliki 30-32 kecamatan di seluruh wilayahnya.

Wacana pemekaran jadi 32 Kecamatan masih dikaji Pemkot Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerangkan, laju pertumbuhan ekonomi Kota Semarang saat ini masih kalah dengan sejumlah kota besar lainnya. Salah satu faktor lambatnya pertumbuhan ekonomi itu adalah karena terlalu luasnya pembagian administrasi pemerintahan.

Kota Semarang dengan luas wilayah mencapai 372 km2, katanya, saat ini hanya memiliki 16 kecamatan di seluruh daerah. Maka itu dirinya menilai perlu dilakukan pemekaran kecamatan untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi.

‘’Pemekaran kecamatan saya rasa sangat diperlukan untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi. Ini akan kami pertimbangan dan menjadi target prioritas pembangunan yang harus dilakukan,’’ katanya, Senin (5/3).

Walikota yang karib disapa Hendimengatakan, pihaknya membandingkan dengan Filiphina dan Vietnam. Dua negara itu memiliki jumlah Provinsi yang lebih banyak dibanding Indonesia.

Hal itu yang menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi dua negara itu lebih besar dengan Indonesia. Meskipun, keberadaan Sumber Daya Alam (SDA) di dua negara itu jauh tertinggal dibanding Indonesia.

Contoh lagi adalah Kota Bandung dan Surabaya. Hendi menerangkan, Bandung dengan wilayah seluas 150 km2 memiliki 31 kecamatan. Sedangkan Surabaya yang luas wilayahnya tidak jauh berbeda dengan Kota Semarang, memiliki 30 kecamatan.

‘’Bandingkan saja, laju pertumbuhan dua kota itu jauh lebih pesat dibanding Kota Semarang. Untuk itu, saya merasa pemekaran wilayah penting dilakukan. Jadi ini akan menjadi prioritas kami,’’ tegasnya.

Jika pemekaran kecamatan ini dapat terealisasi, dia yakin pasti akan membuat pembangunan Kota Semarang menjadi lebih fokus, cepat, dan optimal (duh)

You might also like

Comments are closed.