Hilangkan Stres, Mbah Wagiyem Main Rebana di Panti Jompo

METROSEMARANG.COM – Senyum Wagiyem mengembang tatkala masuk ke aula Panti Werdha di Jalan Letjen Sarwo Edhi Wibowo, Plamongan Sari, Jumat (20/5) siang.

Perempuan berusia 70 tahun itu senang saat bertemu teman-temannya di situ. Ia tampak lega karena bisa melepas penat setelah setiap hari menjalankan rutinitas yang membosankan di dalam panti.

Foto: metrosemarang.com/Fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/Fariz fardianto

Ia yang datang dengan mengenakan jilbab hijau dipadukan kebaya cokelat terlihat semringah saat diminta duduk berderet di kursi paling depan.

“Saya senang ikut main rebana sama teman-teman, ya itung-itung menghibur diri karena selama delapan tahun tinggal di sini saya jarang dikunjungi keluarga,” akunya.

Wagiyem merupakan satu dari puluhan lansia yang mengikuti program penghilang stres di Panti Werdha. Ia ingin beban pikirannya hilang ketika ikut main rebana.

“Pokoknya biar enggak stres lah,” katanya sambil tertawa lepas.

Ia mengaku main rebana punya manfaat banyak bagi tubuhnya. Kala ia terserang stroke ringan, ia memilih menjalani terapi dengan main rebana secara bertahap.

“Makanya, saya sampai sekarang masih suka rebanan. Biar enggak pikun, bisa rileks, dan pikiran jadi santai,” ujar Wagiyem.

Canda tawa Wagiyem saat bermain rebana itu juga didampingi Gufron, si pengajar seni musik rebana.

Gufron bilang main rebana memang ampuh mengurangi stres serta mencegah pikun pada lansia.

Ia pun berharap para lansia senantiasa sehat dan diberi umur panjang agar dapat bermain rebana dengan riang setiap hari.

“Kira hibur mereka dengan musik-musik seperti ini,” jelasnya.

Iskim Luthfa seorang perawat Panti Werdha mengatakan, lansia yang tinggal di pantinya rata-rata terhimpit masalah ekonomi.

Banyak pula, katanya yang ditinggalkan begitu saja oleh keluarganya. Biar tidak depresi, menurutnya tiap lansia diajak terapi dengan meminum obat anti depresi.

“Terapi musik juga bisa untuk relaksasi biar mereka senang. Main rebana misalnya mampu meningkatkan daya ingat sensorik dan motorik,” katanya. (far)

You might also like

Comments are closed.