Hindari Makan Gorengan saat Sahur agar Tak Cepat Haus

METROSEMARANG.COM – Selama puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman lebih dari 12 jam. Ada juga yang merasa sangat kehausan, padahal waktu puasa masih sangat lama. Rasa haus tersebut bisa diantisipasi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tepat saat sahur.

Chef Suwanta
Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menurut Chef Crowne Plaza Semarang, Suwanta, dirinya tidak menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang digoreng. Hal ini dikarenakan gorengan akan membuat orang merasa cepat haus.

Dia menyebutkan, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk makan sahur. “Usahakan makan sahur dengan makanan yang mengandung karbohidrat, fiber dan mineral,” kata dia, Rabu (31/5).

Suwanta menjelaskan, karbohidrat terbaik yang dia sarankan adalah kentang lantaran akan memberi efek kenyang yang awet. Sedangkan kandungan fiber atau serat dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.

Untuk berbuka puasa, Suwanta menyarankan agar mengonsumsi makanan ringan seperti kurma, teh hangat, kue manis, gorengan dan buah terlebih dahulu. “Diberi jeda 10 hingga 15 menit sebelum makan besar agar pencernaan kita tidak kaget setelah seharian berpuasa. (ade)

 

Comments are closed.