Hindari Perselingkuhan, Lakukan 5 Hal Ini

image
Ilustrasi

Rasanya tak ada seorang pun yang berharap menjumpai perselingkuhan dalam kisah cintanya. Perselingkuhan, entah itu dilakukan oleh kekasih ataupun pasangan suami/istri, sama-sama akan menimbulkan rasa sakit yang mendalam pada diri pasangan yang diselingkuhi juga keluarga, terutama anak.

Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari perselingkuhan? Cobalah lakukan beberapa hal ini, seperti dikutip dari womansday.com.

1. Apresiasi
Belajarlah untuk menghargai setiap usaha dan perbuatan baik pasangan untuk Anda, sekecil apapun perbuatan itu. Menghargai usahanya bisa dengan cara berterima kasih, bereaksi positif, maupun memberikan pujian. Tapi ingat, jangan lebay!

2. Berempati
Alangkah bahagianya bila kekasih tak hanya jadi orang yang menerima cinta kita, tetapi juga orang yang mau mendengarkan keluh kesah kita. Jadilah pendengar yang baik saat dia bercerita, pahami seluruh perkataan dan perasaannya, serta tatap matanya saat bercerita. Hindari menyela saat dia sedang berbicara. Kadang, kita hanya butuh seseorang untuk mendengarkan keluh kesah kita, bukan untuk mencari nasehat.

3. Lakukan Kegiatan Bersama
Komunikasi yang baik adalah kunci keharmonisan sebuah hubungan. Tapi Anda dan pasangan juga butuh waktu untuk melakukan kegiatan bersama, misalnya berlibur, berbelanja, atau memasak bersama.

4. Jangan segan menceritakan hal buruk
Jangan segan untuk menceritakan hal buruk yang Anda alami pada pasangan. Jadikan dia seperti sahabat Anda, yang tak hanya jadi tempat Anda berbagi hal-hal bahagia, namun juga hal buruk. 

5. Saling Percaya
Anda mungkin pernah mendengar sebuah kata mutiara, bahwa kepercayaan ibarat kaca, begitu rapuh dan sekali kaca itu retak atau pecah, tak ada satupun hal yang dapat mengembalikannya menjadi utuh seperti sedia kala. Begitu pula dengan perasaan. Maka, berusahalah menjaga kepercayaan pasangan pada Anda, dan mintalah dia untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, cobalah untuk menyimpan masalah Anda dan pasangan berdua saja. Jangan libatkan keluarga dalam hal menyangkut masalah Anda berdua, kecuali memang masalah itu menyangkut kedua belah pihak keluarga. 

Menjaga pernikahan maupun kisah cinta tetap harmonis memang tidak mudah. Namun, jangan menyerah pada usaha untuk menjaga kelanggengan hubungan dan membiarkan pasangan Anda mencari sosok yang lebih baik dari Anda. (ren)

You might also like

Comments are closed.