HMI Semarang: Saut Orang Suci tapi Mulutnya Kotor

METROSEMARANG.COM – Pernyataan Ketua KPK Saut Situmorang yang menyebut Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) sebagai koruptor, terus mendapat reaksi keras di berbagai daerah. Di Semarang, ratusan aktivis HMI mendesak Presiden Joko Widodo segera mencopot Saut Situmorang dari pimpinan tertinggi lembaga antirasuah tersebut.

“Turun, turun turunkan Saut, turunkan Saut sekarang juga,” teriak seorang aktivis saat mendatangi kantor Gubernur Ganjar Pranowo Jalan Pahlawan Semarang, Rabu (11/5).

Aksi HMI di depan kantor Gubernur Jateng, Rabu (11/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Aksi HMI di depan kantor Gubernur Jateng, Rabu (11/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ia menuding Presiden Jokowi tidak teliti tatkala menyeleksi para pimpinan KPK sehingga Saut terpilih menjabat sebagai pimpinan tertinggi di lembaga tersebut.

Dengan menyebut HMI sebagai lembaga terkorup, ia pun meminta posisi Ketua KPK yang dipegang Saut diganti oleh orang-orang yang lebih mumpuni.

“HMI mengutuk pernyataan Saut yang menyebut kita sebagai koruptor. Kita tidak terima dihina sekemikian rupa,” katanya lagi.

“Pantaskah dia jadi ketua KPK? Saut itu orang suci tapi mulutnya kotor,” sambungnya.

Aksi yang dilakukan ratusan aktivis HMI Semarang tersebut berlangsung selama kurang lebih dua jam. Di depan kantor Gubernur Ganjar, mereka membawa berbagai spanduk untuk memprotes setiap pernyataan Saut Situmorang yang dianggap memojokan aktivis-aktivis di Indonesia.

Sementara pada bagian lain, ratusan polisi tampak berjaga mengamankan unjuk rasa HMI. Polisi memasang barikade untuk menghalau pendemo menjauh dari pelataran parkir kantor Gubernur Ganjar. (far)

You might also like

Comments are closed.