Hotel Berbintang Wajib Terapkan e-Tax

METROSEMARANG.COM – Pembayaran pajak secara online (e-Tax) akan terus digencarkan terhadap hotel berbintang yang ada di Kota Semarang. Pasalnya, dari sekitar 20 hotel berbintang diketahui baru ada 2 yang menerapkan sistem online.

Wakil Wali Kota Mbak Ita memberikan penghargaan kepada perwakilan wajib pajak kategori perhotelan yang tertib membayar pajak, Selasa (6/3). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pemkot ingin menerapkan pembayaran pajak secara online kepada seluruh wajib pajak. Terutama wajib pajak seperti perhotelan, restoran, hiburan dan juga lainnya.

Saat ini menurutnya belum semua wajib pajak perhotelan terkoneksi pembayaran pajaknya secara online, dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang yang mengelola keuangan daerah.

‘’Saat ini baru ada dua hotel berbintang di Kota Semarang yang sudah melakukan pembayaran pajaknya dengan e-Tax. Padahal ada sekitar 20 hotel berbintang, yang lainnya belum melakukan (pembayaran lewat e-Tax),’’ katanya, saat acara penghargaan wajib pajak oleh Bapenda Kota Semarang di Sixteen8 Semarang, Selasa (6/3).

Wakil Wali Kota yang karib disapa Ita menegaskan, semua hotel diharapkan menerapkan sistem e-Tax. Sehingga pembayaran pajaknya dapat dipantau secara realtime. Seperti halnya yang telah berjalan di usaha restaurant untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kota Semarang Yudi A Mardiana menambahkan, dalam waktu dekat semua hotel harus sudah menerapkan pembayaran pajak secara online atau e-Tax. Sebab sistem online ini dapat mencegah terjadinya kebocoran pembayaran pajak.

‘’Kendalanya selama ini setiap hotel punya managemen sendiri-sendiri, tim IT-nya ada di luar negeri sehingga harus izin terlebih dulu. Tapi kita tetap akan berusaha agar semuanya menerapkan (pembayaran pajak) secara online,’’ tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.