HUT ke-46 Korpri, Pemkot Semarang Gelar Donor Darah di Balai Kota

METROSEMARANG.COM –  Pemerintah Kota Semarang akan mengadakan bhakti sosial donor darah. Kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-46 Korpri Kota Semarang tahun 2017 itu akan dilaksanakan di balai kota.

Wali Kota Hendrar Prihadi melakukan donor darah, beberapa waktu lalu. Dalam rangka HUT ke-46, Korpri akan mengadakan donor darah di Balai Kota Semarang, 20 November mendatang. Foto: metrosemarang.com/dok

”Rencana donor darah akan dipusatkan di gedung Balai Kota Semarang, Senin (20/11) mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Bagi masyarakat yang ingin menjadi peserta donor darah, bisa langsung datang ke Gedung Balaikota,” ujar Achyani, Kabag Humas dan Protokol Pemkot Semarang, Rabu (15/11).

Menurutnya, persyaratan bagi peserta yang diperbolehkan melakukan donor darah adalah berusia 17-60 tahun. Kemudian tidak minum obat atau jamu 3 hari sebelum donor kecuali vitamin. Memiliki berat badan minimal 45 kilogram, tidak sedang demam, tekanan darah normal, denyut nadi teratur, dan pemeriksaan kadar sel darah merah dalam batas normal.

Sementara khusus bagi wanita tidak sedang haid, tidak hamil, dan tidak menyusui, lalu interval peserta yang sebelumnya telah melakukan donor darah yaitu minimal 75 hari.

”Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian sosial KORPRI untuk membantu ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Achyani.

Bukan hanya menyelamatkan jiwa orang lain, namun melalui donor darah juga dinilai memberikan efek kesehatan yang baik bagi orang yang mendonorkan darahnya.

”Harapannya kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk saling peduli dan tolong menolong,” tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.