Identix, Batik Motif Alam Indonesia Ada di Semarang

batik motif alam
Pengunjung memilih baju batik di Identix Batik Tulis Indonesia di Ruko Jalan Semeru Raya nomor 1 Kota Semarang, Sabtu (21/4). (Foto: metrosemarang.com/ade lukmono)

METROSEMARANG – Identix Batik Tulis Indonesia resmi beroperasi dan menjadi khazanah baru fashion etnik di Kota Semarang. Indentix memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan butik lainnya, yaitu desain dan motif yang terbatas dan unik.

CEO PT Identix Pratama Indonesia, Irma Susanti mengatakan, dirinya sendiri yang membuat motif dan desain batik kemudian dikirim menuju ke pengrajin untuk digarap. Dengan demikian, motifnya tidak akan sama dengan motif di butik batik lain.

“Biasanya saya terinspirasi dari motif alam Indonesia. Kadang malah membuat motif pulau-pulau di Indonesia,” katanya di sela-sela Grand Opening Identix Batik Tulis Indonesia di Ruko Jalan Semeru Raya nomor 1, Kota Semarang, Sabtu (21/4).

Irma juga membuat beberapa motif sesuai dengan musim. Dia memberi contoh, ketika musim olah raga, dia membuat motif batiknya menjadi lebih sporty.

Dia ingin membuat batik menjadi busana yang nyaman dan tidak terlalu kaku dan formal. Batik diharapkan bisa dipakai di berbagai situasi, mulai dari hang out hingga acara formal.

Oleh karena itu, dia menggabungkan kain batik dengan beberapa bahan lainnya, seperti jins dan songket dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini diyakini bisa memberikan warna baru batik dan lebih digemari anak-anak muda.

“Tujuannya yaitu membuat semua orang bangga mengenakan batik yang merupakan warisan dunia asli Indonesia,” tambahnya.

Desain otentik dan berkelas dari Irma bisa ditemukan di gerainya mulai harga Rp 500.000 hingga jutaan rupiah. Kain yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari sutra, katun dan lain-lain. (ade)

Comments are closed.