Idul Fitri 1438 H, Penumpang Pesawat Naik 8 Persen

METROSEMARANG.COM – Memasuki puncak perayaan Idul Fitri 1438 Hijriyah, jumlah penumpang pesawat terbang yang mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, naik 8 persen atau sebanyak 14.358 jiwa.

Kepadatan penumpang di terminal kedatangan Bandara Ahmad Yani Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani, Kol (Cpn) Maryanto mengatakan, untuk mengatasi lonjakan pemudik tersebut, pihaknya kini mengoptimalkan layanan parkir di kompleks bandara.

Ia menyebut di area dropping zone maupun kedatangan penumpang saat ini jadi perhatian serius dari personelnya.

Ia melarang semua pengguna jalan untuk melakukan parkir inap terhitung sejak H-10 lebaran hingga H+10 lebaran nanti.

“Tidak ada macet hingga saat ini. Sebab, kami sudah memberlakukan aturan tidak boleh ada parkir inap selama posko Lebaran berlangsung,” kata Maryanto, Rabu (28/6).

Tak hanya itu saja, kata Maryanto. Ia pun memperluas area parkir dengan mengubah bekas lahan poll taksi sehingga mampu memuat 120 mobil.

Kantong parkir lainnya tersedia di lapangan Lanumad dan lapangan voli. Di sana mampu puluhan mobil. “Jadi kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengantisipasi macet,” jelasnya.

Untuk saat ini terdapat 14 extra flight yang mampu mengakomodir lonjakan pemudik dari jalur udara. Ia mengklaim sejauh ini belum terlihat ada delay maupun cancel extra flight

Ia memperkirakan puncak arus balik Lebaran bakal terjadi 2 Juli nanti. Jumlah penumpangnya tak jauh berbeda dengan arus mudik mengingat waktu libur yang lebih panjang. (far)

You might also like

Comments are closed.