IKAPPI Temukan Indikasi Kesengajaan Terbakarnya Johar

Puing-puing yang tersisa dari kebakaran Pasar Johar. DPP IKAPPI menduga ada unsur kesengajaan dalam peristiwa ini. Foto: metrosemarang.com/achmad lukmono
Puing-puing yang tersisa dari kebakaran Pasar Johar. DPP IKAPPI menduga ada unsur kesengajaan dalam peristiwa ini. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha

SEMARANG – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) menduga, kebakaran Pasar Johar ada unsur kesengajaan. Hal tersebut diperkuat dengan temuan hasil tim investigasi independen yang berjumlah delapan orang dan keterangan dari saksi.

“Kami menilai dugaan penyebab kebakaran akibat korsleting listrik tidak masuk akal dan penuh kejanggalan. Ini ditunjukkan dengan munculnya beberapa titik api, terlebih pada saat kejadian juga terdengar suara ledakan,” kata Ketua Umum DPP IKAPPI Abdullah Mansuri, Selasa (12/5).

Dia menyayangkan pihak yang terlalu cepat menuding korsleting adalah penyebab utamanya. Selanjutnya, temuan itu akan dibawa ke Mabes Polri untuk dijadikan pertimbangan.

“Jika korsleting listrik, maka pengelola harus diproses hukum karena kelalaiannya hingga merugikan masyarakat. Kalau dbakar, pelaku dan aktor intelektualnya harus dikejar,” ucapnya.

Sebelumnya, Tim Labfor Mabes Polri Cabang Semarang sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Toko Pada Suka yang menjadi sumber titik api. Dari lokasi tersebut, polisi mengambil sejumlah barang bukti, termasuk meter KWH dan kabel. (ade)

You might also like

Comments are closed.