Indonesia Bidik Lima Besar Asian Para Games 2018

METROSEMARANG.COM – Indonesia menargetkan finish di posisi lima besar pada gelaran Asian Para Games (APG) 2018. Status sebagai tuan rumah diharapkan bisa menambah motivasi para atlet untuk merealisasikan target tersebut.

Sosialisasi Asian Para Games di Mal Sri Ratu Semarang, Jumat (22/12). Foto: metrosemarang.com

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi NPC (National Paralympic Committee) Jawa Tengah, Slamet Widodo mengatakan, atlet-atlet Indonesia sudah saatnya naik level di tingkat Asia. Sebelumnya Indonesia sukses menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur Malaysia.

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan tantangan kepada kami dengan target meraih posisi lima besar di APG 2018. Jika melihat hasil ASEAN Para Games kemarin, kami optimistis bisa mencapai target tersebut,” kata dia pada kegiatan sosialisasi APG 2018 di Mal Sri Ratu Semarang, Jumat (22/12).

Dalam event ASEAN Para Games 2017 yang berlangsung pada 17-23 September, Indonesia meraih gelar juara umum dengan menorehkan 126 medali emas. Jawa Tengah mendominasi kontingen Merah Putih saat itu dengan mengirimkan 48 atlet dan berhasil menyumbangkan 26 medali emas.

“Kalau untuk meraih target lima besar di APG 2018, setidaknya kami harus bisa mengumpulkan 17 medali emas. Cabor yang potensial bisa diandalkan di antaranya atletik, bulutangkis dan catur,” imbuhnya.

Slamet memerkirakan Jateng masih akan mendominasi atlet-atlet Pelatnas Para Games. “Bulan Januari nanti sekitar 300 atlet akan menjalani seleksi Pelatnas. Sebagai tuan rumah, Indonesia juga mendapat tambahan kuota atlet dan tentunya harus bisa dimaksimalkan sebaik mungkin,” ujarnya.

Pada penyelenggaraan APG 2014 di Incheon Korea Selatan, kontingen Indonesia finish di peringkat sembilan dengan torehan 9 emas, 11 perak dan 18 perunggu.

Sementara, peraih emas nomor kursi roda 1.500 meter T54 putra ASEAN Para Games 2017, Doni Yulianto berharap dukungan dari masyarakat Indonesia akan memacu semangat para atlet. “Sekarang dukungan pemerintah sudah luar biasa, baik fasilitas maupun yang lainnya. Begitu juga dengan antusiasme masyarakat untuk menyaksikan langsung saat kami bertanding,” kata atlet asal Sukoharjo tersebut.

Asian Para Games (APG) yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 6-13 Oktober 2018 dengan melombakan 582 nomor dari 18 cabang olahraga. Sebanyak 3.000 atlet dan ofisial dari 43 negara bakal terlibat dalam multievent empat tahunan.

Untuk menyukseskan gelaran APG 2018, Indonesia Asian Para Games Organizing Commitee (INAPGOC) mulai gencar melakukan sosialisasi di 16 kota dengan melibatkan atlet penyandang disabilitas hingga komunitas. (twy)

You might also like

Comments are closed.