Indonesia Power Gelar Pelatihan Awareness SMK3

*Untuk pekerja lokal di lingkungan Tajung Mas Semarang.

– PELATIHAN- PT Indonesia Power Project Unit (IP PRU) menggelar kegiatan Awareness SMK3 untuk pekerja lokal proyek PLTGU Blok 3 Semarang. Foto : ist/metrosemarang.com

 

SEMARANG – PT Indonesia Power Project Unit (IP PRU) menggelar kegiatan Awareness SMK3 untuk pekerja lokal proyek PLTGU Blok 3 Semarang. Sejumlah peserta yang berasal dari Kelurahan Tanjung Mas, Kemijen dan Bandarharjo mengikuti kegiatan ini dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Acara yang digelar di Kelurahan Tanjung Mas ini merupakan program CSR perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
Kecelakaan bersifat universal. Kejadiannya tiba-tiba, tidak diduga dan yang pasti tidak dikendaki. Dan jika terjadi di lingkungan kerja, selain dapat mengganggu produktivitas kerja juga dapat merugian material bahkan korban jiwa, juga. Oleh karena itu, dilakukan pendekatan – pendekatan K3 dengan tindakan pengendalian bahaya.

Dikarenakan faktor manusia sangat dominan dalam potensi terjadinya kecelakaan kerja, untuk itu diperlukan pelatihan pelatihan untuk pekerjanya, disamping penerapan peraturan dan standarisasi system yang berlaku di perusahaan.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan Darmawan HS, selaku Manajer Adminstrasi Proyek PT Indonesia Power Project Unit menyampaikan, kepada para peserta pelatihan untuk menjadikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai budaya. Sehingga kedepannya, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja lokal dalam proyek – proyeknya sudah yakin akan budaya kerja yang dimiliki.

Acara yang mengundang praktisi K3 Satriyo Laksono, ST (HK) dan Bina Kurniawan, SKM, MKes (FKM Undip) itu dikuti oleh 40 peserta di beberapa bagian atau bidang keahlian perusahaan – perusahaan subkon di Proyek PLTGU Blok 3 Semarang.

Dalam kesempatan yang sama, Margo Haryadi, selaku Sekretaris Camat Semarang Utara, yang juga menjabat sebagai PLT Lurah Tanjung Emas menyampaikan bahwa masa kerja Proyek ada batas waktunya. Sehingga pekerja lokal harus menyadari bahwa peningkatan kompetensi menjadi syarat utama untuk dapat bersaing dalam mendapatkan pekerjaan di proyek-proyek yang lain.

Harapan dari terselenggaranya kegiatan Awareness SMK3 ini, yaitu para pekerja dapat menerapkan pengetahuan tentang K3 pada dunia kerja yang mereka geluti setiap hari.(eff)

You might also like

Comments are closed.