Indosat Siap Hadapi Lonjakan Trafik Komunikasi saat Ramadan dan Lebaran

Jaringan Indosat siap melayani kegiatan komunikasi pelanggan selama masa-masa Ramadan dan Mudik Lebaran 2015, khususnya di berbagai jalur mudik dan kota tujuan mudik yang biasanya mengalami peningkatkan trafik telekomunikasi selama masa-masa tersebut. Foto: metrosemarang.com/istimewa
Jaringan Indosat siap melayani kegiatan komunikasi pelanggan selama masa-masa Ramadan dan Mudik Lebaran 2015, khususnya di berbagai jalur mudik dan kota tujuan mudik yang biasanya mengalami peningkatkan trafik telekomunikasi selama masa-masa tersebut. Foto: metrosemarang.com/istimewa

TEGAL – Jaringan Indosat siap melayani kegiatan komunikasi pelanggan selama masa-masa Ramadan dan Mudik Lebaran 2015. Melalui program Modernisasi Jaringan yang saat ini difokuskan di berbagai kota besar di pulau Jawa seperti Tegal, Pekalongan, Solo, Malang dan lain-lain, pelanggan diharapkan dapat tetap lancar dan  nyaman dalam berkomunikasi selama masa peningkatkan trafik telekomunikasi di bulan Ramadan dan Mudik Lebaran, baik untuk komunikasi suara, SMS maupun data.

Division Head Public Relations Indosat Adrian Prasanto mengatakan, khusus untuk menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadan dan Mudik Lebaran, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan. Antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,28 miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas data menjadi 2.081 TeraByte/hari.

“Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 40.756 secara nasional. Kesiapan jaringan Indosat menghadapi situasi apapun, termasuk masa Ramadhan dan Mudik Lebaran. Tidak hanya kesiapan kapasitas, khusus untuk memantau kualitas jaringan juga akan memanfaatkan fasilitas baru dari Indosat Network Operation Center (i-NOC) dan Command Center yang baru saja kami resmikan. Customer Center kami juga siaga 24 Jam untuk diakses pelanggan melalui berbagai jalur komunikasi bagi pelanggan,” kata Adrian Prasanto.

Selain kesiapan kapasitas jaringan, Indosat juga memastikan jaringan selama Ramadan dan Mudik Lebaran dalam performansi prima yang dipantau dan dikendalikan dari Indosat Network Operation Center (i-NOC) serta fungsi percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi dari ruang Command Center. Command Center akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran, siap siaga mengatasi bila ada gangguan jaringan secara nasional.

Sebagai bagian dari kesiapan jaringan menghadapi masa Ramadan dan Mudik Lebaran, dilakukan uji jaringan di kota Tegal-Pekalongan, Jawa Tengah. Kota Tegal-Pekalongan menjadi pilihan jalur untuk drive test karena prediksi akan terjadinya penumpukan lalu lintas mobil mudik di kedua kota ini, setelah diberlakukannya operasional tol baru Cipali. Diperkirakan trafik telekomunikasi juga akan melonjak di jalur potensi kemacetan mudik ini. (*)

 

 

 

 

You might also like

Comments are closed.