Ingin Berhasil Saat Tes Wawancara Kerja? Nih Tipsnya

ilustrasi
ilustrasi

Bagi kebanyakan perusahaan, tahap wawancara kerja biasanya adalah jenjang terakhir dari proses rekrutmen karyawan. Pada tahap ini, para pencari kerja akan berhadapan langsung dengan manajer HRD maupun pimpinan perusahaan untuk bernegosiasi tentang kemampuan dan berapa banyak bayaran yang mereka harapkan. Percaya diri adalah hal yang utama saat sesi wawancara kerja berlangsung, juga hal-hal berikut ini:

  1. Idealnya dalam sebuah wawancara kerja, pewawancara hanya berbicara sekitar 20 persen dari waktu yang telah ditentukan. Sisanya, adalah sesi untuk “menjual” diri Anda dan membangun kesan positif tentang diri Anda dalam diri pewawancara.
  2. Pencari kerja biasanya mencari karyawan yang mirip dengan mereka, entah itu visinya, cara kerjanya, maupun semangatnya. Untuk itu, pelajarilah salah satu kebijakan perusahaan yang spesifik dan Anda sukai. Misalnya, Anda tertarik pada perusahaan A karena perusahaan tersebut sangat menjunjung tinggi harkat manusia dalam setiap pekerjaannya. Maka jadilah seseorang yang menjunjung tinggi aspek kemanusiaan.
  3. Peneliti dari Inggris baru-baru ini merilis daftar kata-kata terbaik dan terburuk yang diucapkan dalam sebuah wawancara kerja. Beberapa kata yang dapat Anda ucapkan untuk menimbulkan kesan positif dalam diri pewawancara adalah penghargaan, rencana, berkembang, terlibat dan kemampuan yang dapat disalurkan.
  4. Jika Anda diberi kertas di akhir sesi wawancara, gunakan hal itu sebagai kesempatan tambahan bagi Anda untuk mengesankan pewawancara. Salah satu contoh sekaligus trik yang dapat Anda lakukan : tulislah lima cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, seandainya Anda bergabung di dalamnya.

(ren)

You might also like

Comments are closed.