Ini Akibatnya Jika Jadi Mak Comblang  

ilustrasi (www.gadis.co.id)
ilustrasi (www.gadis.co.id)

Jika Anda memiliki teman yang masih jomblo, mungkin Anda akan merasa ‘gatal’ untuk mencarikan jodoh baginya. Hal ini sah-sah saja, asalkan dia tidak keberatan Anda carikan jodoh. Tapi, tidak semua orang yang jomblo mau dijodohkan, lho. Sebaiknya sebelum Anda berusaha menjodohkan teman Anda, tanyalah kesediaannya, apakah dia keberatan atau tidak. Sebab, jika Anda asal menjodohkannya, bisa-bisa terjadi 5 hal seperti berikut ini :

1. Hubungan Pertemanan Renggang

Beberapa orang akan merasa terganggu saat dipaksa. Begitupun teman Anda. Bisa jadi dia merasa tidak nyaman dengan kebaikan Anda, sehingga dia pun memilih menghindari Anda.

2. Maksud Baik Belum Tentu Diterima Baik

Apa yang menurut Anda baik, belum tentu dianggap baik pula oleh orang lain. Maka berhati-hatilah dalam menerjemahkan niat baik Anda pada teman, agar hubungan pertemanan Anda tak jadi korban

3. Mengganggu Privasi

Menjadi jomblo itu bukan kutukan. Kadang seseorang memilih jadi jomblo karena dia ingin mencari seseorang yang terbaik untuknya. Jika dia tidak berkenan menceritakan seperti apa tipe pasangan idamannya, jangan coba-coba menebaknya dan tiba-tiba menyodorkan seseorang untuk berkencan dengannya.

4. Trauma Pada Cinta

Seseorang yang terlalu didesak untuk mencari jodoh bisa-bisa trauma pada cinta. Jangan sampai teman Anda akhirnya memilih orang yang salah karena sudah tidak tahan terus-terusan Anda desak.

5. Ikut Kena Getahnya

Anda harus ingat bahwa tidak selalu apa yang menurut Anda baik, akan jadi baik pula bagi teman Anda. Begitupun ketika menjodohkan teman Anda dengan seseorang. Belum tentu orang tersebut cocok dengan teman Anda. Apalagi jika nantinya ada masalah, mau tidak mau Anda pun akan terkena dampaknya karena Anda yang merekomendasikan agar mereka berpacaran.

Pada intinya, tidak ada salahnya jadi mak comblang. Tapi ingat bahwa seseorang punya kehidupannya sendiri, jadi jangan berusaha menyamakan hidupnya dengan hidup kita. Hargailah pilihan masing-masing. (ren)

 

You might also like

Comments are closed.