Ini Bahaya Beras Plastik bagi Tubuh

Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG – Peredaran beras plastik atau sintetis membuat masyarakat harus ekstrawaspada. Beras yang diduga berasal dari Tiongkok ini bisa menimbulkan dampak buruk bagi mereka yang mengonsumsinya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang WP Rusdiana menegaskan bahwa beras plastik tersebut bukan dari petani. Namun, dia juga mengaku masih kesulitan untuk membedakan beras plastik dan beras asli. Khususnya jika sudah bercampur dalam satu wadah.

Beras plastik kali pertama ditemukan di Pasar Tanah Merah Mutiara Gading Timur, Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat. Beras yang berasal dari Karawang tersebut beredar dengan merk sentra ramos dan dijual Rp 8.000 per kilogram, diduga merupakan beras bercampur bahan sintetis.

Seperti dirangkum dari beberapa sumber, mengonsumsi beras plastik bisa mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh, seperti gangguan hati dan gagal ginjal. Bahkan, efek jangka panjangnya bisa juga menjadi penyebab kanker dan berujung pada kematian.

Masyarakat pun harus jeli memilih beras yang akan dikonsumsi. Secara kasat mata bisa dibedakan beras tulen atau palsu. Kandungan vitamin B1 pada beras, membuat warna beras asli terlihat putih pudar. Berbeda dengan beras sintetis yang cenderung lebih mengkilap. Tapi, jika sudah bercampur dalam satu wadah, tentu saja akan sulit untuk membedakannya. (twy)

You might also like

Comments are closed.