Ini dia, Cemilan Sehat saat Ramadan

Salah seorang pedagang sedang menata kurma di Pasar Johar, beberapa waktu lalu. Kurma banyak diburu sebagai cemilian menyehatkan saat Ramadan. Foto: metrosemarang.com/dok
Salah seorang pedagang sedang menata kurma di Pasar Johar, beberapa waktu lalu. Kurma banyak diburu sebagai cemilian menyehatkan saat Ramadan. Foto: metrosemarang.com/dok

KECIL dan berwarna cokelat. Itulah ciri buah unik yang hanya tenar saat bulan suci Ramadan. Yup, kurma namanya. Buah yang bernama latin dactylifera phoenix ini memiliki tekstur lembut serta mengandung banyak air dan gula yang tinggi. Kelembutan inilah yang dibutuhkan lambung karena seharian perut kosong.

Buah asli dari Semenanjung Arab, Timur Tengah dan Afrika Utara ini memiliki banyak kandungan seperti zat besi dan asam folat. Kedua zat ini penting untuk pertumbuhan dan pembentukan sel darah merah. Sementara kandungan vitamin, mineral, dan polifenol di dalamnya berperan sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas.

Selain itu, kurma baik untuk kesehatan tulang sebab mengandung mineral dan selenium, magnesium, mangan serta tembaga. Kelima zat tersebut dapat melawan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Kurma juga mengandung kadar gula alami (glukosa, sukrosa, dan fruktosa) yang bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh yang telah beraktivitas padat.

Selain itu juga mengandung sejumlah serat larut dan asam amino yang membantu proses pencernaan makanan atau mengilangkan sembelit. Lainnya, kurma mengandung kalium untuk meningkatkan kesehatan dan kecepatan berfikir otak Anda. Terakhir, kurma mengandung potasium yang dapat membantu menghindarkan seseorang dari risiko stroke serta penyakit jantung lainnya. (die)

 

You might also like

Comments are closed.