Ini Dia Durian Asli Gunungpati yang Berbobot 10 Kg

Durian Monti khas Gunungpati yang bobotnya bisa mencapai 10 kilogram. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Durian Monti khas Gunungpati yang bobotnya bisa mencapai 10 kilogram. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

METROSEMARANG.COM – Durian merupakan buah musiman yang hanya berkembang di daerah dan kondisi tertentu. Di Kota Semarang, terdapat jenis durian unggulan, yaitu Durian Kholil yang dikembangkan oleh petani durian di Mijen dan sudah memiliki sertifikat nasional.

Tak mau kalah, daerah lainnya, Gunungpati juga memiliki produk durian unggulan yang baru-baru ini dikembangkan oleh para petani durian disana. Durian asal Gunungpati tersebut kemudian dinamai Durian Monti (Montong Gunungpati).

Menurut Ketua Kelompok Tani Gunungpati 01, Tumidi Arso, yang mengembangkan Durian Monti mengatakan, dia mulai menanam durian ini sejak 2005 lalu dan baru membuahkan hasil pada tahun lalu.

“Sebenarnya ini adalah perpaduan dari Durian Montong dan Durian lokal. Tahun lalu bobotnya bisa mencapai 10 kilogram per buah. Tapi kali ini yang paling besar hanya 7,8 kilogram,” kata dia Jumat (29/1).

Rahasia pengembangan durian ini, menurutnya adalah cara pemupukan dan perawatan yang telaten. Saat ini dia mengaku masih berusaha mengembangkan jenis ini agar menghasilkan buah yang lebih maksimal.

Karakteristik Durian Monti sangat unik, yakni berwarna kuning, manis legit dan memiliki daging yang sangat tebal. Setelah jatuh dari pohon pun durian ini tidak langsung bisa dinikmati, namun harus menunggu sekitar empat sampai lima hari lagi.

Dalam Semarang Festival Durian pada 5-7 Februari 2016 mendatang, petani Gunungpati menyediakan Durian Monti sebanyak satu ton. Untuk harga, durian ini dibanderol Rp 40.000 perkilogram. (ade)

You might also like

Comments are closed.