Ini ‘Penampakan’ di Lawang Sewu yang Terekam di Instagram

METROSEMARANG.COM – Lawang Sewu mungkin adalah gedung yang paling terkenal di Semarang karena keangkerannya. Bagian terangker di gedung bekas kantor Nederlands Indische Spoorweg (NIS) atau kantor maskapai kereta api jaman dulu, konon katanya adalah di bawah tanah.

Lantai bawah tanah, yang bisa diakses dengan tangga sempit, dulunya dibuat oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai kolam penampungan air. Namun ketika tentara Jepang mengambil alih kekuasaan pemerintah kolonial, Lawang Sewu dijadikan markas tentara dan bagian bawah tanah dijadikan tempat menahan, menyiksa, bahkan membantai para tahanan. Lorong bawah tanah gedung ini juga pernah dijadikan lokasi uji nyali sebuah acara reality show sebuah stasiun televisi swasta, di mana kamera menangkap bayangan seperti hantu perempuan di ujung lorong.

Lokasi yang juga menyeramkan adalah di balkon teratas gedung ini. Konon kabarnya, di tempat ini dulunya banyak noni-noni Belanda diperkosa dan dibunuh tentara Jepang. Dan katanya lagi, di tempat ini sering muncul penampakan wanita cantik bergaun warna hijau motif bunga-bunga.

Meski dianggap menyeramkan Lawang Sewu menjadi destinasi wisata favorit wisatawan ketika mengunjungi Semarang. Pengunjungan umumnya penasaran dengan cerita-cerita seram tentang gedung tua ini. Meski sedikit dibayangi rasa seram, pengunjung banyak memanfaatkan sudut-sudut dan lorong bangunan yang didirikan pada 1917 ini untuk berfoto-foto dan mengunggahnya ke instagram. Seperti apa ‘penampakan’ Lawang Sewu di instagram berikut foto-fotonya:

 

You might also like

Comments are closed.