Ini Tips Agar Kehidupan Perkuliahanmu Tidak Seperti Neraka

Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi

Bagi mahasiswa, rutinitas belajar bisa menjadi sangat membosankan. Apalagi ditambah tugas kuliah yang menumpuk sepanjang hari. Belum lagi kalau menghadapi ujian dari dosen yang tentu saja bisa bikin otak harus bekerja ekstra keras.

Nah, bagi mahasiswa ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar kehidupan dan masa-masa kuliah tak lagi membosankan dan penuh tekanan:

1. Istirahat Saat Merasa Jenuh

Saat beban kuliah menumpuk, kejenuhan akan mudah datang. Akibatnya kosentrasi belajar pun bisa buyar. Untuk mengatasinya, cobalah istirahat barang sejenak. Berikan kesempatan otak untuk rileks. Alhasil, setelah beristirahat, otak akan kembali fresh.

2. Dahulukan Tugas yang Paling Mudah

Dengan mengerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu, beban otak akan lebih ringan. Ibarat orang olahraga, otak juga perlu pemanasan.

3. Buat suasana kamarmu menyenangkan

Meja dan kamar yang berantakan dengan tugas-tugas kuliah akan membuat hidupmu serasa dalam neraka perkuliahan. Coba rapikan dan hiasai kamarmu dengan pernak pernik yang menyenangkan.

4.  Sesekali Belajar di Tempat yang Berbeda

Bila kamu terbiasa belajar di kamar dan mulai merasa bosan, ada baiknya kamu mencoba mencari tempat belajar baru. Pergi di sebuah kafe yang tenang, bisa membuat belajarmujadi lebi semangat.

5.  Biasakan isturahat selepas kuliah.

Karena beban tugas kuliah, kadang jam tidur jadi berkurang. Kurangnya jam tidur akan membuat daya konsenstrasi menjadi sangat menurun. Sebaiknya, biasakan untuk tidur sejenak selepas pulang kuliah. (*)

You might also like

Comments are closed.