Ini Wilayah Semarang yang Rawan Banjir

Banjir yang menggenangi Jalan Citarum Semarang, Senin (4/1) siang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Banjir yang menggenangi Jalan Citarum Semarang, Senin (4/1) siang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang mendata beberapa wilayah di Kota Semarang yang rawan banjir yaitu Semarang bagian timur dan bagian barat. Sedangkan untuk bagian utara, BPBD dan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang masih optimistis banjir akan mampu ditanggulangi oleh polder dan Banjir Kanal Barat.

Kepala BPBD Kota Semarang Iwan Budi Setiawan menuturkan, hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur pada Minggu (3/1) kemarin mengakibatkan terjadinya genangan air di beberapa titik jalan yang merugikan masyarakat dalam beraktivitas.

Disebutkannya, yang paling parah terjadi genangan pada Senin (4/1) adalah wilayah Kaligawe dan Citarum. “Hal ini diperparah dengan sistem drainase Banjir Kanal Timur yang tidak berjalan dengan baik. Kami terus berkoordinasi dengan Kelurahan Siaga Bencana (KSB) yang telah dibentuk tersebar di 22 kelurahan rawan banjir,” kata dia.

Pihaknya mendata, beberapa wilayah yang masih rawan banjir yaitu bagian timur Kota Semarang yang meliputi Kecamatan Pedurungan, Gayamsari, dan Kecamatan Semarang Timur. Sedangkan untuk wilayah barat, yang rawan teradi bencana banjir adalah Kecamatan Tugu yang dikarenakan Sungai Beringin dan Plumbon di Kelurahan Mangkang Kulon yang mengalami pendangkalan dan penyempitan. (ade)

You might also like

Comments are closed.