Inikah Truk Paling Mahal di Dunia?

Truk super-mewah koleksi Sultan Johor yang dibanderol Rp 13,5 miliar. Foto: foxnews
Truk super-mewah koleksi Sultan Johor yang dibanderol Rp 13,5 miliar. Foto: foxnews

 

METROSEMARANG.COM – Truk selalu identik dengan kemacetan, karena badannya yang bongsor dan gerakannya yang lambat saat membawa muatan. Tapi, di tangan Sultan Ismail Ibrahim dari Johor Malaysia, truk ini disulap menjadi tumpangan super-mewah dan elegan.

Sultan Johor meminta perusahaan Mack Trucks Australia untuk merancang kendaraan istimewa ini. Sultan memilih line up The Super-Liner untuk truk barunya.

Seperti truk mewah kebanyakan, terdapat dapur lengkap dengan segala perkakasnya di dalamnya. Kemudian, khusus ruang istirahat truk milik Sultan dibuat 80 persen lebih luas dibanding The Super-Liner wajarnya. Lantai yang terbuat dari kayu eucalyptus dan lemari dengan puncak granit, serta kulit jok dari Afrika Selatan.

Seperti dilaporkan Big Rigs, yang paling nyentrik terdapat di bagian buritan. Dimana Sultan punya area bersantai yang bisa digunakan untuk pesta barbekyu. Bagian ini dilengkapi kursi dan payung mountable.

Kalau semua ubahan tersebut terdengar biasa-biasa saja, itu karena keistimewaan sesungguhnya ada pada ditail. Misalnya, tempat tidur ganda serta kursi-kursi memiliki 72.000 jahitan benang emas. Bahan baku serupa juga digunakan pada ornamen macan yang menghiasi bagian hood. Enam closed circuit television (cctv) juga selalu siap mengawasi. Sedangkan untuk hiburan, tersedia Bose stereo, Sony Playstation, dan dua TV layar datar raksasa.

Bagian kabin Mack Trucks milik Sultan Johor ini bakal membuat siapa pun betah berlama-lama di dalamnya. Foto: foxnews
Bagian kabin Mack Trucks milik Sultan Johor ini bakal membuat siapa pun betah berlama-lama di dalamnya. Foto: foxnews

 

Untuk eksterior, warna merah, putih dan biru yang identik dengan bendera negara bagian Johor, terlihat mendominasi bodi truk yang digerakkan mesin diesel 6 silinder tersebut. Lambang Sultan Johor menggantikan bulldog yang menjadi ikon Mack dan terpasang di bagian depan.

“Mack Trucks Australia menyampaikan terima kasih kepada Sultan Johor, dalam kerja sama untuk mempromosikan The Super-Liner, sebagai bagian dari Volvo Grup di Johor dan Malaysia,” demikian pernyataan perusahaan yang diposting ke laman Facebook.

Truk tersebut dibangun di markas Mack Trucks yang berlokasi di barat daya kota Brisbande. Beredar bocoran kalau Sultan merogoh kocek hingga lebih dari $1.000.000 atau setara Rp 13,5 miliar. Harga ini sudah memecahkan rekor termahal truk keluaran Mack sebelumnya yakni $350.000 atau Rp 4,7 miliar.

Kabarnya Sultan Johor akan menganjak truk barunya jalan-jalan di kegiatan amal akhir bulan ini di Malaysia. (twy)

 

 

 

 

 

Comments are closed.