Inilah 5 Manfaat Seks untuk Kesehatan

Ilustrasi
Ilustrasi

SEKS tidak hanya sekadar akrivitas yang menyenangkan. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kehidupan seks yang sehat. Beberapa pendapat menyebutkan bahwa seks bisa memperpanjang usia seseorang. Pendapat tersebut memang cukup masuk akal, karena seks akan berpengaruh terhadap kesehatan. Berikut adalah manfaat seks bagi kesehatan:

1. Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh

Seseorang yang memiliki aktivitas seks, punya daya tahan yang lebih baik terhadap serangan kuman maupun virus. “Orang-orang yang aktif secara seksual memiliki kemungkinan untuk sakit yang lebih sedikit,” kata Yvonne K Fulbright, PhD, ahli kesehatan seksual.

Para peneliti di Universitas Wilkes di Pennsylvania menemukan bahwa mahasiswa yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat antibody yang lebih tinggi antibodi dibandingkan dengan siswa yang kurang berhubungan seks.

2. Meningkatkan libido

“Berhubungan seks secara teratur akan meningkatkan libido Anda,” kata Lauren Streicher, MD, asisten profesor klinis Obstetri dan Ginekologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago.

Bagi wanita, berhubungan seks akan meningkatkan aliran darah, lubrikasi dan elastisitas vagina. Sehingga, kata Lauren, hubungan seks yang sehat akan membuat Anda selalu merindukan untuk mengulanginya lebih banyak lagi.

3. Meningkatkan kontrol kandung kemih wanita

Dasar panggul yang kuat sangat penting untuk menghindari inkontinensia, sesuatu yang akan berpengaruh sekitar 30% dari kehidupan perempuan. Seks yang baik adalah seperti latihan untuk otot dasar panggul. Bila Anda memiliki orgasme, itu menyebabkan kontraksi otot-otot, yang menguatkan otot dasar panggul.

4. Menurunkan tekanan darah 

Penelitian yang dilakukan Joseph J. Pinzone, MD, CEO dan Direktur Medis Amai Wellness menunjukkan korelasi antara seks dan menurunkan tekanan darah. “Ada banyak penelitian, Salah satunya adalah hubungan seksual (tidak masturbasi) menurunkan tekanan darah sistolik (angka pertama pada pengukuran tekanan darah),” kata dia.

5. Meningkatkan rasa percaya diri
Gina Ogden, PhD, seorang terapis seks dan terapis perkawinan di Cambridge menemukan bahwa berhubungann seks membuat orang merasa lebih baik, dan dengan instan bisa meningkatkan rasa percaya diri.(twy)

 

 

You might also like

Comments are closed.