Inilah 5 Tempat Nongkrong Nge-hits di Tembalang

Salah satu menu di Stove Syndicate. Foto: twitter @StoveSyndicate
Salah satu menu di Stove Syndicate. Foto: twitter @StoveSyndicate

 

METROSEMARANG.COM – Tembalang adalah salah satu kecamatan di Kota Semarang, yang cukup ‘hidup’. Maklum, kawasan ini memiliki kampus-kampus, dengan ribuan mahasiswa. Di antaranya Universitas Diponegoro (Undip), Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang (Poltekkes), dan Universitas Ki Ageng Pandanaran  (Upand).

Karena letak Tembalang yang cukup jauh dari mal dan perkotaan, tak jarang para mahasiswa mencari tempat-tempat nongkrong sekitar kosnya untuk mengerjakan tugas bersama ataupun hanya sekedar menghabiskan waktu luangnya. Berikut ini lima tempat nongkrong favorit yang ada di Tembalang.

Stove Syndicate

Tempat yang satu ini memang cozy banget buat tempat nongkrong. Kita bisa memilih ruangan indoor maupun outdoor, seluruhnya difasilitasi WiFi dan tempat duduk yang nyaman. Dengan tagline “A Coffee Shop that can mend any broken heart, A Coffee Shop that can boost your mood”, Stove Syndicate hadir dengan spesialisasi menu kopi dan waffle yang khas.

Selain menu spesialisainya, kafe di Jalan Ngesrep Timur V No 27 Tembalang ini juga menyediakan berbagai menu dari appetiser hingga dessert, dari coklat hingga matcha, sampai makanan mix unik ala Western dan Jepang seperti Teriyaki Croissant Sandwich dan Chicken Katsu Pancake. Harganya juga cukup bersahabat untuk kantong mahasiswa, berkisar Rp 6 ribu – Rp 20 ribu. Kafe ini juga punya jam operasional sangat panjang, mulai pukul 11.00 sampai 00.00.

House of Moo

Dengan kegigihan usaha mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro bernama Novitania, kedai susu yang awalnya hanya merupakan angkringan kecil-kecilan ini sekarang telah menjadi kafe sukses.

Kedai ini menyediakan susu dalam banyak varian rasa seperti cokelat, cookies, durian, tiramisu, hazelnut, caramel, yoghurt mango, yoghurt stroberi dan lainnya, lengkap dengan makanan pendamping susu seperti roti bakar toping, es krim goreng, lunpia buah, pisang wol, maupun chicken teriyaki. Harga di kisaran Rp 7 ribu – Rp 15 ribu saja.

Unik! Kedai yang beralamat di Jalan Jatimulyo No 8 Tembalang ini memiliki icon khusus yaitu sapi blangkon dan merchandise lucunya juga dijual lhooo. Jam buka mulai pukul 12.00 sampai 23.00.

DeQiko

Foto: twitter @Cafebukudeqiko
Foto: twitter @Cafebukudeqiko

Mau yang tradisional seperti nasi goreng Bali, gado-gado dan mendoan? Mau menu barat seperti spaghetti, steak, fish and chips, dan salad? Atau mau menu yang unik seperti mie siram susu, nasi ayam lemon, rosireng? Semuanya ada di sini. Menu-menu yang ditawarkan mulai Rp 7 ribu – Rp 30 ribu.

Tapi, yang membuat kafe yang memiliki taman dan kolam ini selalu ramai yaitu perpustakaannya, dengan koleksi sekitar 13.000 buku mulai dari majalah, novel, komik, dan buku anak. Membaca buku di sini dikenakan tarif Rp 2.000 sedangakan meminjam dikenakan tarif Rp 1.500. Pas deh buat kantong mahasiswa!

Berminat? Datang saja ke Jalan Tusam Timur Raya No. 24, Banyumanik. Tempat ini buka mulai pukul 11.00-22.00.

Kedai Surti

Berbeda dengan kafe-kafe biasanya, kafe yang satu ini dibangun dengan konsep jadul yang modern. Di Kedai Surti, kita bisa memesan kue-kue asli Indonesia seperti kue cubit, martabak, surabi namun dibalut dengan rasa yang modern seperti Nutella, Milo, Ovomaltine, Toblerone, Oreo, Silverqueen, dan Kitkat green tea. Menu-menu itu bisa ditebus dengan banderol Rp 7 ribu – Rp 21 ribu.

Kafe unik di Jalan Sirodujin No 12A Tembalang ini didirikan oleh empat mahasiswa Universitas Diponegoro yaitu Arya Pandika (Ilmu Komunikasi), Bisma Juahta (D3 Perpajakan), Ryan Adi (Hukum), dan Hanif Hidayatullah (Manajemen). Pengelola juga menggaet Radio Prambors yang notabennya radio bagi kalangan muda untuk bekerjasama, sehingga lengakplah sudah Kedai Surti sebagai tempat nongkrong yang asik.

Ingat, kafe ini hanya buka selama enam jam, mulai pukul 15.00 sampai 21.00.

Bakoel Es Krim

Foto: twitter @BAKOELESKRIM
Foto: twitter @BAKOELESKRIM

Bukan ice creamania kalau kamu belum nyobain yang satu ini. Yap, Bakoel Es Krim!

Di sini kamu bisa puas mencicipi es krim dengan berbagai rasa, kreasi, dan topping. Di antara menunya ada original, sandwich es krim, es krim puding, cheese es krim, tiramitsu, es krim goreng, pancake es krim, es krim bakar, pisang bakar es krim, banana split, banana rose, banana grilled, dan masih banyak lagi.

Tempat ini juga nyaman buat ngumpul-ngumpul karena kita akan duduk di saung lesehan ditemani lampion indah. Gimana? Penasaran kan? Yuk cobain! Datang saja ke Jalan Banjarsari no. 48 A Tembalang. (*)

Pengirim: Ratu Nur Mustika, mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro

You might also like

Comments are closed.