Inilah Fasilitas Mewah Bus Wisata Semarang

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang akhirnya memiliki bus wisata tingkat dua warna merah yang telah diuji coba di sejumlah destinasi wisata di kota ini. Bus senilai Rp 3,5 Miliar ini memiliki banyak fasilitas yang bisa membuat nyaman para wisatawan.

Bus wisata double decker senilai Rp 3,5 miliar dilengkapi fasilitas lengkap. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Muhammad Khadiq mengatakan, fasilitas bus wisata ini sudah dirancang sebagai bus yang ramah bagi difabel. Yakni disediakan tempat duduk di lantai bawah sebanyak 12 kursi.

Selain itu ada guid atau pemandu wisata yang mempunyai kecakapan dan kemampuan untuk menjelaskan seluruh destinasi wisata Semarang yang dikunjungi wisatawan dan sejarahnya.

Ditambahkan, di dalam bus juga dilengkapi dengan AC, driver yang sudah dilatih secara khusus, alat pemadam kebakaran, pemecah kaca, dan lain sebagainya. Diharapkan layanan bus wisata ini juga akan digratiskan bagi wisatawan.

“Tapi akan kami koordinasikan lagi dengan wali kota,” kata Muhammad Khadiq saat uji coba bus wisata, Selasa (15/8).

Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Menurutnya, bus wisata ini dibuat murni dengan APBD Kota Semarang senilai Rp 3,5 miliar. Sementara ini jumlahnya baru ada satu unit namun siap ditambah jika minat masyarakat nantinya cukup besar.

Bus wisata ini disebutkan cukup untuk mengangkut banyak wisatawan karena kapasitasnya mencapai 70 orang. Yang terdiri di lantai dua 58 penumpang dan di bawah 12 orang. Sedangkan ketinggian bus wisata ini 4,2 meter, lebar 2,5 meter, dan panjang 12 meter. (duh)

You might also like

Comments are closed.