Inspektorat Rekomendasi Pelaku Pelecehan Seksual Dipecat

METROSEMARANG.COM – Badan Pengawas Daerah atau Inspektorat Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akhirnya mengeluarkan hasil penyelidikan dugaan pelecehan seksual oleh oknum Satpol PP. Oknum berinisial K tersebut direkomendasikan untuk dipecat.

Anggota Satpol PP Kota Semarang saat mengikuti pelatihan beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Inspektorat Kota Semarang Cahyo Bintarum mengatakan, hasil penyelidikan telah memutuskan memberikan rekomendasi dipecat bagi oknum Satpol PP karena terbukti melakukan pelecehan seksual. Surat rekomendasi itu telah diberikan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

‘’Nanti tinggal Wakil Wali Kota Semarang memerintahkan BKD untuk memberitahukan Satpol PP agar segera menindaklanjuti rekomendasi. Surat rekomendasi Selasa (6/3) juga dikirimkan ke wakil wali kota dan wali kota,’’ katanya, Kamis (9/3).

Menurutnya, wakil wali kota akan memberi petunjuk terduga pelaku pelecehan seksual itu jadi dipecat atau tidak. Sebab keputusan Inspektorat sifatnya rekomendasi. Wakil wali kota nanti akan membuat kebijakan dengan pertimbangan hasil rekomendasi tersebut.

‘’Dengan keluarnya rekomendasi dipecat ini maka terduga pelaku berdasarkan penyelidikan diputuskan bersalah,’’ katanya.

Kuasa hukum dua korban pelecehan seksual, Hermansyah Bakrie menyatakan terima kasih kepada wali kota dan wakil wali kota. Karena dianggap bergerak cepat menangani kasus yang dilaporkannya ke Inspektorat secara serius.

‘’Klien kami pihak korban pelecehan seksual merasa rekomendasi pemecatan itu sesuai dengan apa yang dilakukan oleh pelaku,’’ katanya.

Terkait rencana upaya hukum lainnya dengan melaporkan kasus ini ke Polda Jawa Tengah, pihaknya akan menunggu tindak lanjut dari rekomendasi pemecatan itu. (duh)

You might also like

Comments are closed.